Ratu dan Raja Keraton Agung Sejagat Diperiksa di Polda Jawa Tengah

Ratu dan Raja Keraton Agung Sejagat Diperiksa di Polda Jawa Tengah
Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat. (kanalkalimantan.com)

Setelah menghebohkan masyarakat, Ratu dan Raja Keraton Agung Sejagat ditangkap aparat gabungan Polda Jawa Tengah dan Polres Purworejo. Seperti apa kronologi penangkapannya?

Inibaru.id – Pemimpin Kerajaan Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso dan Fanni Aminadia ditetapkan sebagai tersangka penyebaran berita bohong dan penipuan oleh Polres Purworejo. Keduanya kini sudah dipindah ke Polda Jawa Tengah untuk keperluan pemeriksaan lebih lanjut.

CNN Indonesia, Rabu (15/1/20) menulis, keduanya dipindahkan dari Polres Purworejo pada Rabu (15/1) pagi, tepatnya pukul 06.30 WIB. Mereka dikawal tim yang dipimpin oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng, Kombes Pol Budi Haryanto.

“Pagi ini kita bawa ke Semarang, Mapolda Jateng, untuk diperiksa secara mendalam. Kalau sudah selesai dan lengkap, akan kita ekspos,” terang Budi.

Sebelumnya, pasangan ini diamankan petugas gabungan dari Polres Purworejo dan Polda Jateng pada Selasa (14/1) di istana kerajaannya yang berlokasi di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo. Keduanya dijerat Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang penyebaran berita bohong yang berimbas pada keonaran di masyarakat dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Nggak hanya kedua pimpinan Keraton Agung Sejagat, beberapa orang yang bergelar mahapatih, resi, dan bendahara dari keraton tersebut juga diperiksa oleh aparat. Selain itu, beberapa barang bukti seperti surat-surat palsu untuk merekrut anggota baru juga telah disita polisi.

Kombes Pol Budi menyebut pihaknya masih mendalami kemungkinan dugaan makar yang dilakukan pimpinan keraton ini.

Sebelumnya, Keraton Agung Sejagat membuat geger warganet di media sosial karena pimpinannya mengaku sebagai penerus Kerajaan Majapahit. Bahkan, kerajaan ini mengklaim seluruh wilayah di dunia, termasuk Indonesia, sebagai wilayahnya. Lebih dari 400 orang dikabarkan sudah menjadi pengikut dari keraton ini.

Semoga segera terungkap motif di balik kejadian yang satu iniya, Millens(IB09/E06)