Rasanya Enak, Mengapa Ukuran Botol Yakult Kecil?

Rasanya Enak, Mengapa Ukuran Botol Yakult Kecil?
Mengapa ukuran botol Yakult kecil? (Flickr/Marco Verch)

Yakult di pasaran biasanya ukurannya sangat kecil. Hal ini membuat banyak orang nggak puas mengingat rasanya enak dan menyegarkan. Sebenarnya, apa ya alasan ukuran botol Yakult kecil?

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak suka dengan Yakult? Minuman probiotik yang sudah ada sejak 1935 dari Jepang ini memiliki kombinasi rasa asam-manis yang menyegarkan. Tapi, kamu pernah nggak terpikir, mengapa ukuran botol yakult kecil? Padahal, kita kan bisa saja mendapatkan botol dengan ukuran lebih besar dan pasti tetap bisa menghabiskannya karena rasanya yang enak.

Di balik rasanya yang memang sangat nikmat, Yakult sebenarnya adalah minuman yang dibuat untuk kesehatan usus. Minuman dengan rasa mirip yoghurt cair ini berasal dari proses fermentasi susu skim, bakteri lacotabacillus casei, serta gula. Nah, kamu tahu nggak, sejak awal dibuat, kemasan yakult ya memang segitu-segitu aja?

Beda dengan di Indonesia, di negara asalnya, Yakult punya dua jenis ukuran botol, yakni 65 mililiter serta 100 ml. Tetap saja sih, ukuran itu sangat kecil dan bisa kita habiskan seteguk dua teguk. Rasanya tetep pengin nambah lagi, ya?

Meski begitu, ternyata ada lo alasan mengapa botol yakult ukurannya kecil. Jadi, ternyata, ukuran kecil ini agar minumannya nggak mudah terkontaminasi bakteri lainnya. Kamu tahu kan, Millens, di dalam minuman ini ada setidaknya 30 juta bakteri baik yang hidup. Kalau sampai terkontaminasi, bakteri ini akan mati dan akhirnya nggak memberikan manfaat kesehatan sama sekali.

“Kalau ukurannya kecil, semakin higienis. Kalau ukuran botol Yakult besar, bakal dibuka dan ditutup beberapa kali. Nah setiap kali dibuka, risiko kontaminasi cukup besar,” terang situs resmi Yakult Malaysia.

Yakult ternyata sengaja dipasarkan dengan ukuran kecil demi alasan kehigienisan. (Flickr/Jonathan Lin)
Yakult ternyata sengaja dipasarkan dengan ukuran kecil demi alasan kehigienisan. (Flickr/Jonathan Lin)

Hal yang sama juga diungkap Yakult Australia. Proses membuka dan menutup botol minuman berukuran besar sebenarnya bisa mempengaruhi pertumbuhan bakteri probiotik di dalamnya. Kalau hal ini sampai terjadi, kualitas Yakult bakal menurun. Padahal, fungsi utama dari minuman ini nggak untuk menghilangkan haus, melainkan menyehatkan usus.

Selain alasan itu, Yakult memutuskan untuk membuatnya dalam botol ukuran kecil agar takarannya pas bagi setiap orang. Kamu tahu sendiri kan, sebenarnya batasan per harinya sebaiknya hanya diminum dua? Itupun masih banyak orang yang melanggarnya dengan minum Yakult jauh lebih banyak dari saran tersebut.

Kalau sampai dibuat botol berukuran besar, bisa jadi semua orang akan minum Yakult sebanyak mungkin. Maklum, rasanya enak dan menyegarkan.

Ternyata Punya Varian Rasa

Kebanyakan orang hanya tahu satu varian rasa Yakult, yakni yang orisinil dan biasa kita dapatkan di pasaran. Padahal, sebenarnya Yakult dijual dengan sejumlah varian rasa, lo. Kalau kamu ke Singapura, pasti bisa menemukan Yakult dengan rasa jeruk, anggur, serta apel. Wah, jadi bikin penasaran ya bagaimana segarnya rasa-rasa Yakult tersebut.

Jadi, sudah tahu kan Millens alasan mengapa ukuran botol Yakult kecil? Ingat ya, meski enak, jangan diminum berlebihan. Biar nggak cepat habis juga. Ha ha! (Det/IB09/E05)