Ras Kucing Ini Paling Pintar di Dunia, Tertarik buat Pelihara?

Ras Kucing Ini Paling Pintar di Dunia, Tertarik buat Pelihara?
Ilustrasi: Kucing paling pintar di dunia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Siapa bilang kucing nggak ada yang pintar dan bisa dilatih? Ada lo kucing paling pintar di dunia yang asyik buat diajak bermain. Apa saja ya ras kucing-kucing cerdas ini?

Inibaru.id – Salah satu hewan peliharaan favorit manusia adalah kucing. Meski sebenarnya kucing lebih bertingkah sebagai majikan dan manusia adalah pembantunya, kucing enak untuk dielus dan sering bertingkah lucu. Nah, kamu tahu nggak kalau ada ras kucing paling pintar di dunia?

Jangan salah, kucing juga ada yang bisa dilatih lo. Nggak percaya? Banyak kucing yang bisa dilatih untuk buang air besar di tempatnya atau bahkan di toilet.

Ada juga yang bisa dilatih untuk mempelajari sejumlah trik-trik dan bermain. Jadi, kamu pun bakal lebih seru memeliharanya, nggak hanya soal ngelus dan ngasih makan doang.

Biar nggak makin penasaran, yuk simak ras kucing paling pintar di dunia, Millens. Apa saja, ya?

Kucing Ras Bengal

Kucing ras Bengal. (Flickr/

roberto shabs)
Kucing ras Bengal. (Flickr/ roberto shabs)

Kucing ras Bengal termasuk banyak disukai penggemar kucing karena motif bulunya yang sangat indah. Ada yang menyamakan motif bulunya mirip seperti macan tutul atau jaguar. Realitanya, kucing ras ini memang hasil persilangan macan tutul Asia dengan kucing lokal. Hasilnya, nggak cuma motif bulunya yang cakep, kucing ras Bengal juga cerdas dan atletis.

Ciri khas kucing rasa Bengal adalah kebiasaannya yang suka berlari atau memanjat. Kalau kamu sering mengajaknya bermain atau membiarkannya memanjat baik di dalam atau luar ruangan, pasti mereka bersemangat. Yang keren, kamu bisa mengajarinya mengambil barang di laci, menyalakan saklar lampu, dan lain-lain.

Kucing Ras Burma

Kucing ras Burma. (Flickr/

Dee Bamford)
Kucing ras Burma. (Flickr/ Dee Bamford)

Nah, kucing ras Burma dikenal sebagai jenis kucing yang suka berinteraksi dengan manusia. Kucing ini juga mudah beradaptasi dan nggak sulit untuk dilatih berguling, duduk, atau melambai. Dia juga bisa diminta untuk mengambil makanan.

Beda dengan kucing kampung yang kadang rewel diajak jalan-jalan atau naik kendaraan, kucing ras Burma justru bisa diajak melakukannya. Hanya, kucing ini juga nggak suka sendirian. Jadi, kamu pun harus sering-sering menemaninya, Millens.

Kucing Ras Cornish Rex

Kucing Cornish Rex/ (Flickr/

Nickolas Titkov)
Kucing Cornish Rex/ (Flickr/ Nickolas Titkov)

Saking ramahnya kucing ras Cornish Rex, banyak yang menganggap perilaku kucing ini seperti anjing yang sudah dipelihara bertahun-tahun. Nah, kucing ini juga suka bermain bola, lo, Millens.

Salah satu ciri khas dari kucing ras Cornish Rex adalah jari kakinya yang cenderung panjang. Jadi, kucing ini bisa membuka pintu dan lemari. Hanya, karena sangat aktif, kucing ini nggak cocok dijadikan kucing rumahan. Jadi, kamu harus sering mengajaknya sering bermain ke luar atau minimal di halaman.

Kucing dengan motif bulu bergelombang ini suka melompat-lompat. Kalau di rumah saja, dikhawatirkan bisa menjatuhkan banyak barang. Kalau di luar, apalagi jika ada pohon besar, pasti bakal senang deh.

Dari ras kucing paling pintar di dunia ini, kamu pengin pelihara yang mana, nih, Millens? (Kom/IB09/E05)