Rapor 100 Hari Kerja Jokowi- Amin

Rapor 100 Hari Kerja Jokowi- Amin
Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, Jokowi dan Ma'ruf Amin. (Wahyu Putro A /Antara Foto)

News Research Center (NRC) Media Group membuat jajak pendapat untuk mengetahui penilaian para tokoh terhadap 100 hari kerja kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin. Seperti apa hasilnya?

Inibaru.id – Nggak terasa, masa kerja Presiden dan Wakil Presiden Indonesia di masa periode 2019-2024, Jokowi-Ma’ruf Amin sudah melewati hari ke-100. Dalam 100 hari pertama inilah, publik menilai performa presiden dalam hal realisasi program selama kampanye.

Media Indonesia, Selasa (28/1/20) menulis, hasil jajak pendapat News Research Center (NRC) Media Group menghasilkan angka 6,84 dari skala 1 hingga 10 untuk 100 hari kerja Jokowi-Amin. Hasil penilaian ini didapatkan dari 159 tokoh publik independen.

Para tokoh ini menyebut optimisme bisa terlihat dari kebijakan perampingan eselon ASN, dihapusnya ujian nasional, rencana pembangunan ibu kota baru, hingga soal kedaulatan. Hanya saja, khusus untuk masalah BPJS Kesehatan dan korupsi di BUMN, masalah-masalah ini dianggap masih membuat publik pesimistis.

Salah satu Kementerian yang dianggap mampu mendapatkan nilai positif adalah Kementerian Luar Negeri. Kemenlu dianggap cukup tegas dalam menangani masalah kedaulatan, khususnya dalam hal penanganan konflik perairan Natuna dengan Tiongkok.

Sebaliknya, kinerja Kementerian BUMN mendapatkan banyak sorotan karena ada banyaknya kasus korupsi di berbagai BUMN. Meskipun begitu, komando Erick Thohir diyakini bisa menyelesaikan masalah ini.

Kementerian yang dianggap bekerja dengan kurang maksimal adalah Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Ketenagakerjaan. Khusus untuk Kemenko Kemaritiman dan Investasi, mendapatkan penilaian paling buruk.

“Dalam bahasa populernya, kira-kira nilainya C plus,” ucap Head of News Research Center Media Group News, Ade Alawi.

Dalam jajak pendapat ini, hanya empat kementerian mendapatkan skor lebih dari tujuh, yakni Kemenlu yang mendapatkan angka 7,5, Kemenkeu dan KemenPUPR yang mendapatkan angka 7,35, serta KemenBUMN yang mendapatkan angka 7,17.

Kalau menurut Millens, apakah kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin sejauh ini cukup memuaskan dan memberikan optimisme bagi masyarakat? (IB09/E06)

Baca juga: Berusia Seabad, Rumah Kuno di Semarang Ini Dihuni 70 Keluarga