Rancang Gelaran Open House dengan 5 Tips Berikut

Rancang Gelaran <em>Open House</em> dengan 5 Tips Berikut
Ilustrasi open house. (Getty Images)

Lebaran hari pertama hingga hari ketiga biasanya dipadati dengan acara open house. Acara itu menjadi ajang silaturahmi dan saling bermaafan antara keluarga dan kerabat. Kalau kamu mau menggelar acara serupa, simak tips berikut ya.

Inibaru.id –Selain acara reuni yang menanti saat Lebaran, banyak juga orang yang menggelar open house atau halalbihalal. Acara ini biasanya digelar orang-orang biasa sampai pejabat sekelas presiden. Inti acara ini nggak lain adalah untuk bersilaturahmi sekaligus saling bermaaf-maafan.

Jika kamu berencana untuk menggelar open house, tips-tips yang dilansir berikut bisa dipertimbangankan.

Memilih Menu Makanan

Pilih makanan yang bakal disukai para tamu. (Kompas)

Di hari istimewa, makanan yang disajikan tentu harus istimewa juga, kan? Pilihlah menu makanan yang sederhana dan bakal diminati para tamu misalnya opor ayam, rendang, sambal goreng hati, dan makanan khas lebaran lainnya.

Sediakan pula camilan khas Lebaran untuk melengkapi hidangan. Oh iya, jangan lupakan variasi minuman yang menyegarkan ya!

Jasa Katering atau Masak Sendiri?

Baik katering maupun masak sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. (Shopnback)

Dengan memakai jasa katering, kamu nggak perlu repot memasak dalam jumlah besar. Pilihan makanan yang ditawarkan jasa katering pun lebih beragam. Namun, kamu perlu menyediakan bujet lebih untuk itu.

Sementara, jika memutuskan untuk memasak sendiri, kamu perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk memasak sederet sajian makanan. Oh iya, kamu juga bisa lebih hemat mengatur pengeluaran belanja kalau masak sendiri. Selain itu, kebersihan dan rasa makanan pun lebih terjamin.

Memilih Lokasi Acara

Ilustrasi gelaran open house outdoor. (KBRI Suriah)

Namanya juga open house, tentu saja acara itu diadakan di rumah pribadi. Kamu bisa mengadakannya di ruang tamu rumah. Konsep lesehan cocok dipakai untuk acara ini. Oh iya, kamu juga bisa memanfaatkan halaman rumah untuk acara berkonsep outdoor. Jangan lupa dekor rumah semenarik mungkin, ya!

Memilih Waktu Acara

Open house biasanya dilakukan di hari-hari awal lebaran. (Shutterstock)

Open house biasanya dilakukan di hari pertama hingga ketiga Lebaran. Namun, untuk esensi lebaran yang lebih kental, kamu bisa mengadakan open house pada hari pertama Lebaran.

Jika ternyata pada pekan awal Lebaran kamu masih ada di kampung halaman, adakan open house beberapa hari setelah Lebaran saja. Tentukan waktu tepat yang memungkinkan banyak tamu dapat hadir, misalnya saat akhir pekan.

Perkirakan Jumlah Tamu

Perkirakan jumlah tamu yang akan datang. (Malangtoday)

Open house memang acara yang terbuka bagi siapa saja. Meski begitu, kamu tetap harus memiliki perkiraan jumlah tamu yang akan datang untuk menghindari risiko kekurangan makanan. Buatlah daftar tamu yang kemungkinan besar akan datang, mulai dari keluarga, kerabat, dan tetangga.

Merancang sebuah gelaran open house nggak seribet kelihatannya, kan? Jika dirancang secara matang, open house yang kamu adakan akan berjalan dengan lancar dan menyisakan kenangan yang manis, deh. (IB10/E04)