Ramai Utas Fetish Jarik di Twitter, Benarkah Bisa Berujung Gangguan Seksual?

Ramai Utas Fetish Jarik di Twitter, Benarkah Bisa Berujung Gangguan Seksual?
Ilustrasi fetish pada kaki. (IMDb)

Memiliki imajinasi seksual memang wajar selama nggak memengaruhi fungsi seksual. Namun hal ini justru bisa berubah menjadi gangguan seksual apabila …

Inibaru.id – Baru-baru ini warga twitter dikejutkan dengan perilaku seksual yang nggak biasa dari salah satu penggunanya. Warganet dengan username twitter @m_fikris tersebut mengaku dipaksa untuk membalut dirinya dengan kain jarik oleh salah satu oknum yang ditengarai mempunyai fetish terhadap hal tersebut. Parahnya, hal tersebut diakui sebagai bahan riset bukannya objek fantasi seksual. Lalu apa itu fetish?

Fetish merupakan salah satu fantasi seksual pada objek atau bagian tubuh atau benda tertentu (on-living objects) yang bersifat non-seksual seperti ketiak, kaki, celana dalam atau stoking. Mereka yang memiliki fetish akan berimajinasi terhadap hal tersebut baik dengan pasangan atau seorang diri agar terangsang secara seksual. Namun wajar nggak sih seseorang memiliki fetish yang seperti itu?

Fetish pada kain jarik. (Twitter.com/m_fikris)
Fetish pada kain jarik. (Twitter.com/m_fikris)

Ternyata pada 2010, fetishtic, sadisme, masokisme serta transvestic disorder nggak lagi dimasukkan ke dalam gangguan psikiatri karena ada banyak orang yang memiliki ketertarikan nggak lazim tersebut. Yap, kita nggak boleh menilai seseorang mengalami gangguan psikologis atau perlaku seks menyimpang kalau dia memiliki kecenderungan tadi.

Namun fetish bisa dikatakan sebagai sesuatu yang menyimpang jika sudah mencapai tahap tertentu. Hal ini terjadi saat seseorang dengan fetish memaksakan kehendak hingga mengganggu kenyamanan orang lain.

Ahli Psikologi Inez Kristianti juga menjelaskan bahwa fetish juga bisa dianggap nggak normal jika sudah mengganggu fungsi normal seksual. Misalnya seseorang nggak bisa terangsang secara seksual jika nggak ada objek atau benda mati yang dia sukai tersebut.

Ilustrasi fetish terhadap benda tertentu. (Detik health)
Ilustrasi fetish terhadap benda tertentu. (Detik health)

Inez mengatakan bahwa imajinasi seksual adalah sesuatu yang normal. Namun nggak semua imajinasi tersebut perlu diwujudkan apalagi sampai merugikan pihak lain.

Dalam beberapa kasus, para pemilik fetish kerap membuat kedok yang nggak disadari para korbannya. Seperti permintaan untuk mengirimkan foto bagian tubuh tertentu hanya sebagai pemuas fantasi seksual mereka. Ada pula yang sengaja mencuri benda-benda tertentu sebagai bahan fantasi seksual seperti sandal hingga celana dalam. Hih serem ya!

Hal ini tentu merugikan para korbannya. Jadi buatmu yang mendapati suatu permintaan aneh dari seseorang yang sudah atau baru kamu kenal agar lebih berhati-hati ya, Millens! (Det/IB27/E05)