Ramai Babi Ngepet Depok, Mengapa Isu Ini Sering Muncul Menjelang Lebaran?

Ramai Babi Ngepet Depok, Mengapa Isu Ini Sering Muncul Menjelang Lebaran?
Babi yang diduga adalah babi ngepet di Depok. (Twitter.com/MGT_RADIO)

Pada Selasa (27/4/2021), seekor babi ditangkap di Depok, Jawa Barat. Kabarnya, babi tersebut adalah babi ngepet. Kalau ditelisik dari waktu ke waktu, isu terkait mahluk mistis layaknya babi ngepet Depok ini sering muncul jelang Lebaran. Apa penyebabnya, ya?

Inibaru.id – Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan penemuan babi yang diduga adalah babi ngepet di Bedahan, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Menariknya, jika kita telisik dari waktu ke waktu, isu babi ngepet sering keluar di setiap menjelang Lebaran. Apa yang jadi penyebabnya, ya?

Sosiolog yang berasal dari Universitas Nasional Sigit Rochadi punya pendapat terkait hal ini. Menurutnya, di setiap bulan puasa, khususnya menjelang Lebaran, pasti isu tentang babi ngepet atau mahluk-mahluk mistis lainnya pasti akan muncul dan bikin geger.

“Ya itu hampir setiap tahun di bulan puasa menjelang hari raya,” ucap Sigit pada Selasa (27/4/2021).

Lebih rinci, Sigit menyebut fenomena mistis makhluk-makhluk yang katanya bisa mencuri uang ini akan muncul saat terjadi krisis ekonomi. Kamu tahu sendiri kan, Millens, kondisi ekonomi Indonesia lagi bermasalah akibat pandemi Covid-19. Ditambah menjelang Iduliftri, konsumsi masyarakat meningkat sehingga kebutuhan uang juga ikut naik. Banyak yang percaya ada orang-orang yang rela melakukan apapun agar bisa mendapatkan uang banyak dalam waktu cepat.

Babi yang Ditangkap Jadi Perdebatan

Meski ada babi yang benar-benar ditangkap di Depok, warganet memperdebatkannya apakah babi ini memang babi ngepet atau babi beneran yang kebetulan disangka sebagai babi ngepet. Apalagi, hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan perubahan baik itu manusia menjadi babi atau sebaliknya.

Ilustrasi: babi ngepet yang ditangkap di Depok, Jawa Barat. (Pixabay/Nennieinszweidrei)
Ilustrasi: babi ngepet yang ditangkap di Depok, Jawa Barat. (Pixabay/Nennieinszweidrei)

Nah, menjawab hal ini, Sigit menyebut masyarakat sudah mempercayai keberadaan makhluk jadi-jadian seperti babi ngepet tersebut. Apalagi, Depok termasuk daerah religius di mana warganya cenderung jarang atau bahkan nggak pernah melihat babi sebelumnya. Kombinasi dari hal-hal itu membuat mereka percaya jika babi yang jarang-jarang mereka lihat tersebut adalah babi ngepet.

Menariknya, Sigit menyarankan penelitian dilakukan terhadap babi yang sudah mati disembelih tersebut untuk membuktikannya. Menurutnya, struktur badan dan darah babi jadi-jadian harusnya berbeda dengan babi asli.

“Kalau betul itu babi jadi-jadian kan darahnya berbeda, struktur tubuhnya berbeda, tapi apa benar ada orang gitu?” lanjut Sigit.

Bikin Heboh Karena Ditangkap Orang-orang yang Telanjang Bulat

Selain ditemukannya babi yang dianggap sebagai mahluk jadi-jadian, proses penangkapan babi ngepet ini juga cukup menghebohkan. Kabarnya, mereka yang menangkap harus melakukannya dengan telanjang bulat. Kalau masih memakai baju, konon nggak bakal bisa melihat babi ngepet tersebut.

Babi ini ditangkap pada Selasa (27/4) dini hari sekitar pukul 00.20 WIB di RT 02 RW 04, Bedahan. Ada warga yang menyebut babi ini memakai kalung seperti tasbih dan ikat kepala yang terlepas saat dikejar. Bahkan, kabarnya ukuran babi ini semakin menyusut sehingga akhirnya diputuskan untuk dibunuh.

Wah, isu makhluk jadi-jadian seperti babi ngepet Depok ini memang bikin heboh, ya Millens. Kalau di daerahmu, apakah juga ada isu-isu yang mirip seperti ini? (Det/IB09/E05)