Samsung Kenalkan RAM Khusus Ponsel 5G

Era komunikasi 5G disebut-sebut bakal muncul sebentar lagi. Untuk mempersiapkan era 5G, Samsung mulai merancang RAM yang cocok untuk jaringan tersebut.

Samsung Kenalkan RAM Khusus Ponsel 5G
RAM LPDDR5 dari Samsung. (Samsung)

Inibaru.id – Saat ini, ponsel pintar sudah sampai pada era komunikasi 5G dan kecerdasan buatan atau AI. Dengan teknologi yang semakin canggih itu, kebutuhan olah data pun membutuhkan ruang yang semakin besar. Berawal dari kesadaran tersebut, Samsung akhirnya mengeluarkan produk RAM terbaru yang sudah disesuaikan dengan jaringan 5G dan kecerdasan buatan.

Kompas.com, Rabu (18/7/2018) menulis, Samsung memperkenalkan produk RAM teranyar bernama LPDDR5 (Low Power Double Data Rate) pada pekan ini. RAM LPDDR5 dibuat dengan proses fabrikasi 10 nm. Data rate dari RAM ini mencapai 6,4 gigabit per detik atau sekitar dua kali lebih kencang dibandingkan dengan produk RAM pendahulunya, LPDDR4.

Satu hal yang menarik adalah meski bandwith dari RAM ini lebih besar, konsumsi dayanya justru lebih hemat 30 persen sehingga bisa menghemat penggunaan baterai.

“Demi membuatnya semakin hemat daya, LPDDR5 juga dirancang dengan menurunkan voltase sesuai dengan kecepatan dari application processor,” jelas Samsung dalam situs resminya.

Bandwith yang besar dan didukung dengan penghematan penggunaan daya membaut RAM ini disebut-sebut sesuai dengan penggunaan perangkat mobile yang memakai konektivitas 5G dan kecerdasan buatan.

Kendati sudah diperkenalkan, Samsung ternyata belum memproduksi RAM terbarunya ini. Mereka masih fokus pada penyelesaian uji fungsi serta validasi dari prototype RAM dengan ukuran 8GB yang terdiri atas 8 chip. Diperkirakan, produksi RAM itu bakal dilakukan di pabrik Samsung yang ada di kota Pyeongtaek, Korea Selatan, bersamaan dengan produksi jenis RAM terbaru lainnya seperti DDR5 dan GDDR6.

Di masa depan, kita sepertinya nggak dipusingkan lagi dengan ponsel yang lemot gara-gara konsumsi RAM yang terbatas nih, Millens. Asyik! (IB09/E04)