Rakerwil dan Pelantikan Pengurus AMSI Jateng, Ketua DPRD Pesan untuk Tangkal Hoaks

Rakerwil dan Pelantikan Pengurus AMSI Jateng, Ketua DPRD Pesan untuk Tangkal Hoaks
Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto (tengah) membuka Rakerwil bersama pengurus AMSI. (Dok. DPRD Jateng/Ariel Noviandri)

Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah periode 2020-2023 resmi dilantik oleh pengurus AMSI pusat di Hotel Griya Persada Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, Jumat (26/3/2021).

Inibaru.id - Pengurus AMSI Jateng 2020-2023 yang dilantik merupakan pengurus yang terpilih dari hasil Konferwil II AMSI Jateng pada November 2020 di Semarang. Dalam pemilihan yang dilakukan secara aklamasi, Nurkholis didapuk sebagai ketua AMSI Jateng dan Rini Yustiningsih sebagai sekretaris. Dan sejauh ini sudah ada 21 media siber lokal yang masuk dalam keanggotaan AMSI Jateng.

Nggak hanya pelantikan pengurus, dalam Rakerwil AMSI Jateng juga dilakukan pembahasan sejumlah program kerja. Salah satu program kerja yang dibahas adalah terkait peningkatan mutu dan kualitas media termasuk di dalamnya kualitas para awak media.

Nurkholis menjelaskan bahwa penguatan media siber atau online juga memerlukan langkah sustainability media. Harapannya, media daring mampu secara konsisten memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat. AMSI Jateng juga akan mengarahkan media lokal agar mampu mendapatkan verifikasi dari Dewan Pers.

“Kami ingin ‘mengentaskan’ media siber lokal dalam verifikasi Dewan Pers sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Harapannya pula, rakerwil ini bisa menjadi kemajuan dan kebaikan AMSI,” tutur Nurkholis.

Sementara itu, Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto meminta media daring yang tergabung dalam AMSI Jateng dapat menangkal berita hoaks.

Menurut Bambang, saat ini masyarakat dapat begitu cepat mendapatkan informasi dari media daring. Namun sayangnya, sejumlah informasi yang beredar di masyarakat terkadang merupakan berita tidak valid, berita bohong atau hoaks, dan ujaran kebencian. Untuk itu AMSI diharapkan mampu memberikan informasi aktual dan faktual kepada masyarakat.

 “Jangan sampai negara ini hancur akibat berita hoaks yang tersebar melalui media (jahat) tersebut. Karena itu media online yang ada di sini bisa menangkalnya,” kata Bambang saat membuka rakerwil AMSI Jateng.

Selain ketua DPRD Jateng, Rakerwil AMSI Jateng juga dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Semarang Alexander Gunawan dan beberapa pengurus AMSI pusat, yakni Bendahara Umum Maryadie, Koordinator Wilayah DKI/Jabar/Banten Ronny Kusuma, Koordinator Wilayah Jateng/Yogya/Jatim/Bali/NTB Suwarmin serta Badan Pertimbangan dan Pengawas Sapto Anggoro. (IB01/E03)