Rakerwil AMSI Jateng, Sekda: Media adalah Penyeimbang Informasi

Rakerwil AMSI Jateng, Sekda: Media adalah Penyeimbang Informasi
Pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) AMSI di Patra Hotel Convention Semarang, Jumat, 3 Juni 2022. (AMSI)

Menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) AMSI Jateng, Sekda Jateng Sumarno dalam sambutannya mengatakan, media punya peran penting di masyarakat, yakni sebagai penyeimbang informasi untuk meluruskan berita bohong atau hoaks

Inibaru.id - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Patra Hotel Convention Semarang, Jumat (3/6). Bertajuk "Sehat Bisnisnya Berkualitas Kontennya", acara dihadiri 20 pemred dan CEO media digital yang tergabung dalam AMSI.

Turut hadir dalam rakerwil Sekda Provinsi Jateng Sumarno, Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman, Bendahara Umum AMSI Maryadi, dan Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut.

Sekda Jateng Sumarno dalam sambutannya menyebutkan, media punya peran penting di masyarakat, yakni sebagai penyeimbang informasi untuk meluruskan berita bohong atau hoaks. Menurutnya, saat ini banyak hoaks bertebaran di media sosial maupun media digital.

"Semua orang, termasuk wartawan, bisa melakukan fitnah atau menyebar informasi palsu. Nah, di sinilah media berperan penting untuk menyeimbangkan sekaligus mengklarifikasi informasi yang simpang siur," ujar Sumarno.

Dia menambahkan, media siber harus mampu mengedukasi masyarakat agar dampaknya positif bagi pembangunan daerah. Masyarakat, lanjutnya, mendapat informasi yang cepat melalui media digital. Namun, nggak sedikit di antaranya yang berisi hate speech atau berita yang diragukan kebenarannya.

"Contoh, berita tentang tanggul jebol di Tanjung Emas yang ternyata hoaks. Tapi, banyak yang percaya. Inilah pentingnya peran media, termasuk menjadi penghubung pemerintah untuk menginformasikan kebenaran," katanya.

Kolaborasi Media dengan Pemerintah

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan bahwa untuk situasi seperti sekarang, hidup media memerlukan kolaborasi dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat, serta berbagai pihak lain.

"Banyak yang mengeluhkan hoaks, informasi tidak valid, dan ujaran kebencian di dunia digital. Inilah yang melatari AMSI menginiasi dengan menghadirkan program cek fakta dan literasi digital," ujarnya. "Kami mengajak anggota AMSI membentuk komunitas dengan kepolisian, pemerintah, dan pihak lain untuk ini."

Dia berharap, para anggota AMSI di daerah menginisiasi dan menciptakan ruang digital, serta melakukan kolaborasi dengan pemerintah untuk ini," jelasnya.

Perlu diketahui, Rakerwil AMSI Jateng diselenggarakan pada 2-3 Juni 2022 di Ramayana Room Patra Hotel Convention Semarang. (IB04/E03)