Raja-raja yang Berasal dari 54 Kerajaan di Indonesia Bakal Kumpul di Sumedang, Ngapain?

Raja-raja yang Berasal dari 54 Kerajaan di Indonesia Bakal Kumpul di Sumedang, Ngapain?
Raja-raja dari 54 kerajaan di Indonesia bakal kumpul di Sumedang, Jawa Barat. (Koranprogresif.co.id)

Pada 28-29 September 2021 nanti, raja-raja yang berasal dari dari 54 kerajaan di Indonesia bakal kumpul di Sumedang, Jawa Barat. Kira-kira mereka mau membahas apa ya?

Inibaru.id – Meski Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik, realitanya di dalam negara ini masih ada banyak kerajaan yang berdiri. Nah, para raja-raja ini ternyata masih saling berhubungan, lo. Bahan, pada 28-29 September 2021 nanti, rencananya raja-raja sekaligus permaisuri dari 54 kerajaan yang ada di Indonesia mau berkumpul di Sumedang, Jawa Barat. Mau ngapain, ya?

Kalau di Indonesia, biasanya kerajaan yang masih dikenal luas adalah Kesultanan Yogyakarta. Maklum, saking istimewanya daerah ini, pemimpinnya dari dulu ya Sultan Yogya, Millens. Hanya sebenarnya masih ada lo kerajaan-kerajaan lain di Indonesia meski rajanya nggak mengatur pemerintahan di wilayahnya seperti Sultan Yogya.

Nah, soal ngapain para raja-raja ini mau berkumpul, nggak membahas yang berat-berat apalagi soal pemerintahan, kok. Mereka mau berkumpul dalam Festival Adat Kerajaan Nusantara 1 Tahun 2021. Tujuan festival ini lebih ke melestarikan budaya kerajaan-kerajaan ini agar nggak tergerus zaman, deh.

Kalau menurut salah satu panitia dari festival ini, Agus Tup Tup, karena sedang di masa pandemi, otomatis sejumlah agenda kegiatan nggak bisa leluasa dilakukan. Protokol kesehatan juga bakal dilaksanakan dengan ketat.

“Idealnya dalam festival ini ada kirab panji keraton, pameran benda-benda pusaka keraton, hingga pementasan seni budaya tiap kerajaan. Tapi berhubung masih pandemi, semua itu ditiadakan,” tegas Agus Tup Tup, Kamis (23/9).

Ilustrasi: Para raja dan permaisuri bakal melakukan gala dinner dan musyawarah. (MTVN/Raiza Andini)
Ilustrasi: Para raja dan permaisuri bakal melakukan gala dinner dan musyawarah. (MTVN/Raiza Andini)

Nantinya, para raja ini hanya berkumpul untuk melakukan gala dinner dan musyawarah. Acara ini bakal dilangsungkan di Gedung Negara Sumedang. Meski status mereka adalah raja, nggak ada pengecualian dalam hal penerapan protokol kesehatan kok. Mereka tetap harus memastikan punya kartu vaksinasi, sudah dites usap antigen, dan lain-lain.

Agenda musyawarah dan gala dinner ini juga bakal dilakukan secara tertutup. Jadi, hanya para raja saja yang bakal hadir.

Omong-omong, kalau pada kumpul, para raja ini bakal ngobrol tentang apa ya? Kalau soal ini, Agus ternyata nggak mau membukanya, Millens. Dia bahkan menyebut hanya para raja ini yang bakal tahu apa saja yang akan mereka bicarakan. Kalau musyawarahnya sudah selesai, barulah hasil obrolan ini nanti bakal disampaikan.

Menariknya, acara para raja ini juga bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, lo. Jokowi bakal membuka festival ini. Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti juga dipastikan bakal hadir.

Meski begitu, belum jelas apakah presiden bakal hadir secara langsung atau secara virtual mengingat masih dalam kondisi pandemi.

“Terkait hal ini, saat ini Ketua FAKN Raden Lili Sumadilaga dan perwakilan lainnya sedang di Jakarta untuk memastikan hal ini ke Sekretariat Presiden,” pungkas Agus.

Jadi penasaran ya, apa yang diobrolin raja-raja dari 54 kerajaan se-Indonesia nanti, Millens? (Kom/IB09/E05)