Rahasia Panjang Umur Masyarakat Jepang yang Patut Kamu Contoh
Orang Jepang sering panjang umur. (iStock)

Rahasia Panjang Umur Masyarakat Jepang yang Patut Kamu Contoh

Masyarakat Jepang memiliki angka harapan usia hidup yang panjang. Sebenarnya apa sih rahasianya?

Inibaru.id - Sudah banyak kabar yang beredar dan juga pembuktian kalau masyarakat Jepang memiliki usia kehidupan yang panjang. Mereka dapat hidup rata-rata sampai usia 100 tahun berbeda dengan Indonesia yang angka harapan hidupnya terpaut 30 tahun.

Lalu apa sih rahasia orang Jepang bisa berusia panjang? Menarik untuk disimak yang berikut ini.

Sayuran Adalah Kunci

Pada umumnya masakan Jepang banyak sekali didominasi sayuran dan ikan laut. Selain itu mereka juga menambahkan berbagai variasi ke dalam makanan, itupun nggak jauh-jauh dari sayur-sayuran seperti jamur, kedelai fermentasi, dan rumput laut.

Contoh betapa variatif makanan Jepang meskipun dari sayur adalah seperti halnya, hidangan acar Tsukemono yang terbuat dari berbagai sayuran, seperti lobak, terong dan buah plum. Penduduk Jepang juga suka memakan kacang edamame sebagai camilan. Sayuran lain yang banyak dikonsumsi adalah bawang, lobak, kubis, wortel, tomat, bayam, mentimun, ubi, paprika hijau hingga kentang.

Gemar Konsumsi Teh Hijau

Jepang memilik teh hijau yang disebut dengan matcha. Ini merupakan bubuk teh hijau halus yang diminum dengan air panas. Mengkonsumsi teh hijau berpotensi membuat umur panjang karena banyak mengandung antioksidan.

Cara Memasak Sehat

Masyarakat Jepang memasak dengan cara mengukus, memanggang, memasak dengan lambat (slow cooking) dan melakukan fermentasi pada makanan. Berbagai tersebut turut menjaga kadar vitamin dan mineral sehingga menyehatkan tubuh.

Untuk makanan yang digoreng dalam masakan Jepang hanya pada tempura dan katsu saja. Itupun diimbangi dengan sup sayuran, lobak, dan natto.

Menyajikan Makanan dengan Wadah Kecil

Dalam penyajian makanan pun, masyarakat Jepang senantiasa menaruhnya dalam wadah-wadah yang kecil Hal itu ditengarai sebagai bentuk kontrol diri agar makan nggak berlebihan. Kebiasaan tersebut sudah diajarkan sejak dini. Di sana juga terdapat pepatah yang mengatakan, '”hara hachi bu'” yang berarti makanlah sampai kamu merasa 80 persen penuh.

Biasa Berjalan Jauh

Pada umumnya dalam jarak jauh orang biasanya akan memilih menggunakan moda transportasi. Namun masyarakat Jepang sebaliknya, mereka lebih senang berjalan kaki. Barangkali itu juga yang menjadi salah satu alasan mereka bisa berumur panjang.

Menurut peneliti dari US National Cancer Institute, jika seseorang tetap aktif secara fisik setelah usia 40 tahun, maka akan menambah angka harapan hidup dua hingga tujuh tahun lebih lama, ungkap laman Health Day.

Memiliki Tingkat Obesitas yang Rendah

Menurut Medical Journal of Indonesia, Jepang memiliki tingkat obesitas yang lebih rendah daripada Amerika dan Indonesia. Secara statistik, hanya 3,6 persen penduduk Jepang yang memiliki body mass index (BMI) di atas 30 dan dikategorikan sebagai kelebihan berat badan.

Terobsesi dengan Kebersihan

Kalau kamu berkunjung ke negara Jepang kamu pasti akan mendapati lingkungan yang bersih. Tentu kebersihan tersebut merupakan cerminan orang Jepang dan lebih dari itu juga kebersihan bisa diasosiasikan dengan kesehatan. Gaya hidup bersih tersebut mungkin karena dilandasi oleh agama Shinto yang mengajarkan pemurnian.

Suka Bersosialisasi

Pemandangan kumpul untuk makan dan minum bersama selepas bekerja atau beraktivitas merupakan kebiasaan rutin di Jepang. Dari situ jadi satu di antara rahasia lain kenapa penduduk Jepang sering berumur panjang.

Jadi demikianlah rahasia kenapa masyarakat Jepang relatif panjang umur. Tentu diikuuti dengan gaya hidup yang sehat ya, Millens. Coba terapkan yuk! (IB28/E05)