Queensland dan Jawa Tengah Perpanjang Kerja Sama <em>Sister Province</em>
Wakil Gubernur Jateng dan Vice Premiere Queensland. (Humas Pemprov Jateng)

Queensland dan Jawa Tengah Perpanjang Kerja Sama Sister Province

Queensland dan Jawa Tengah terus melanjutkan kerja sama Sister Province. Apa saja bidang yang ditingkatkan dalam kerja sama ini?

Inibaru.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah negara bagian Queensland, Australia memutuskan untuk memperpanjang kerja sama Sister Province. Kerja sama ini terjalin di berbagai bidang.

Laman Antaranews, Selasa (9/7/2019) menulis, nota kesepahaman perpanjangan kerja sama ini dilakukan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen serta Vice Premiere yang juga menjabat Minister of Education Queensland Grace.

Terdapat beberapa hal yang mengalami pembaruan pada kerja sama lima tahunan ini. Sebagai contoh, kedua pihak berkomitmen untuk meningkatkan pengembangan ekonomi berbasis masyarakat, mempromosikan kebudayaan dan sektor pariwisata, serta pembangunan layanan kesehatan dan kapasitas sumber daya manusia.

Gus Yasin menyebut ada hal lain yang masih bisa ditingkatkan dalam kerja sama Sister Province di antara Jateng dan Queensland, khususnya dalam bidang peternakan, pertanian, industri manufaktur, serta pariwisata. Dia juga berharap kerja sama ini nggak hanya di antara pemerintah saja, melainkan hingga menjadi bisnis ke bisnis.

Perpanjangan kerja sama ini diharapkan bisa membuat investasi dari Negeri Kanguru di Jawa Tengah akan naik menjadi 20 juta dolar AS. Harapan ini cukup realitis mengingat di hari yang sama, langsung terjadi kesepakatan untuk membeli produk mebel dari Jateng dengan nilai 150 ribu dolar AS setiap bulannya selama satu tahun.

Sebagai informasi, investasi dari Australia di Jateng masih berada di peringkat 23 dengan nilai 3,15 juta dolar AS. Angka ini hanyalah 0,04 persen dari total investasi di provinsi yang berada di tengah Pulau Jawa itu. Selama ini, investasi di Jateng masih didominasi Jepang dan Korea Selatan.

Terkait dengan perpanjangan kerja sama yang telah berjalan selama 28 tahun ini, Gus Yasin langsung meminta Kadisporapar Jateng untuk mengirim undangan bagi Pemerintah Queensland agar menghadiri berbagai acara di Jawa Tengah seperti Borobudur Maraton pada November 2019.

Semoga kerja sama ini semakin memberikan banyak manfaat positif bagi kedua wilayah, ya Millens. (IB09/E04)