Peringkat Terbaru Dirilis, Ini 9 Universitas Terbaik di Indonesia
9 Universitas terbaik Indonesia versi QS. (Shutterstock)

Peringkat Terbaru Dirilis, Ini 9 Universitas Terbaik di Indonesia

QS World kembali merilis pemeringkatan universitas dunia 2019/2020 terhadap lebih dari 1.000 universitas di dunia. Di Indonesia, 9 universitas ini yang paling unggul.

Inibaru.id - Perusahaan Inggris yang fokus di bidang pendidikan Quacquarelli Symonds (QS) kembali merilis QS World University Ranking untuk 2019. Paling tidak, ada lebih dari 1.000 universitas yang dinilai QS World dalam pemeringkatan kali ini, termasuk di Indonesia.

Nah, pemeringkatan inilah yang menjadi tolok ukur Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia yang menuju World Class University atau Universitas Bertaraf Dunia. 

Dalam penyusunan peringkat itu, ada enam indikator yang menjadi penilaian QS World. Penilaian paling banyak ada pada reputasi akademik yang mencapai 40 persen. Indikator ini mengukur unsur akademik secara menyeluruh. Sebanyak 20 persen selanjutnya berasal dari kutipan jurnal ilmiah meliputi jumlah kutipan (citation), jumlah publikasi ilmiah serta dampak penelitian yang dihasilkan para civitas academica terhadap masyarakat.

Sejumlah 20 persen lainnya diambilkan dari rasio mahasiswa dan fakultas. Indikator ini melingkupi komponen yang menunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi seperti apakah jumlah tenaga pendidik sebanding dengan jumlah mahasiswa. 

Selain itu, reputasi lulusan pun turut menjadi bahan pertimbangan. Indikator ini menyumbang 10 persen dari penilaian. Aspek ini mengidentifikasi performa dan kualitas lulusan universitas di mata para pimpinan perusahaan.

Terakhir, keberadaan fakultas dan mahasiswa internasional juga diperhitungkan. Kedua indikator itu masing-masing menyumbang penilaian sebanyak lima persen. Fakultas internasional beraitan dengan ekspatriat atau pendidik asing di fakultas dan perguruan tinggi. Sementara, mahasiswa internasional dihitung dari seberapa banyak keberadaan mereka di fakultas atau perguruan tinggi.

Nah, dari enam indikator tersebut, sembilan universitas di Indonesia mampu bersaing di peringkat ratusan. Berikut sembilan universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking.

Universitas Indonesia (peringkat 296 dunia)

Universitas Gadjah Mada (peringkat 320 dunia)

Institut Teknologi Bandung (peringkat 331 dunia)

Institut Pertanian Bogor (peringkat 601-650 dunia)

Universitas Airlangga (peringkat 651-700 dunia)

Universitas Padjajaran (peringkat 751-800 dunia)

Universitas Bina Nusantara (peringkat 801-1.000 dunia)

Universitas Diponegoro (peringkat 801-1.000 dunia)

Institut Teknologi Surabaya (peringkat 801-1.000 dunia)

Kampusmu termasuk dalam universitas terbaik nggak, Millens? (IB24/E04)