Putusan 2 Tahun Penjara, Polda Metro Jaya Bawa Ahok ke Rutan Cipinang

Putusan 2 Tahun Penjara, Polda Metro Jaya Bawa Ahok ke Rutan Cipinang
ucapan Ahok yang akhirnya menyeretnya mendapat vonis 2 tahun penjara. (Foto: google)

inibaru.id - "Jadi jangan percaya sama orang, kan bisa saja dalam hati kecil Bapak Ibu nggak bisa pilih saya ya, kan? Dibohongi pakai Surat Al-Maidah 51, macam-macam itu. Itu hak Bapak Ibu ya. Jadi kalau Bapak Ibu perasaan nggak bisa kepilih nih, karena saya takut masuk neraka karena dibodohin gitu ya, nggak apa-apa."

Demikian ucapan Ahok yang akhirnya menyeretnya mendapat vonis 2 tahun penjara. Kurang lebih sebanyak 22 kali sidang kasus Ahok telah digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Berbagai kicauan pro kontra hingga gejolak respon masyarakat mewarnai tiap prosesi sidang Ahok. Bahkan tak jarang dari berbagai kelompok hadir untuk mengawal proses sidang terduga kasus penistaan agama, Ahok.

Hari ini Selasa (9/5) merupakan sidang terakhir dengan agenda pembacaan vonis. Dalam kasusnya, Ahok dinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agama karena pernyataan soal Surat Al Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Kasus tersebut berawal dari unggahan video amatir oleh Buniyani terkait kunjungan Ahok pada Selasa (27/9) yang didampingi sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta, Bupati Kepulauan Seribu, Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan serta para nelayan, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kepulauan Seribu.

Majelis hakim menyebut Ahok sengaja memasukkan kalimat terkait pemilihan gubernur. Ahok dalam pernyataannya dihadapan warga, menyinggung program budidaya ikan kerapu yang tetap berjalan meskipun tidak terpilih dalam pilkada. Sehingga dalam akhir sidangnya Hakim Ketua Dwiarso Budi Santiarto menentukan vonis 2 tahun untuk Ahok atas pelanggaran Pasal 156a KUHP.

"Dari ucapan tersebut terdakwa telah menganggap surat Al Maidah adalah alat untuk membohongi umat atau masyarakat, atau surat Al Maidah 51 sebagai sumber kebohongan dan dengan adanya anggapan demikian maka menurut pengadilan terdakwa telah merendahkan dan menghina surat Al Maidah ayat 51," papar hakim dalam pertimbangan hukum.

Menyikapi putusan hakim tersebut, Ahok mengaku akan mengajukan banding.

“Mengajukan banding,” ucap Ahok menjelang berakhirnya sidang vonis yang digelar di Pengadilan Negeri Jaarta Utara Selasa (9/5)

Bersamaan dengan putusan 2 Ahok, pihak Polda Metro Jaya membawanya menuju Rutan Cipinang.(NA)