Punya Sayap, Kenapa Ayam Nggak Mampu Terbang?

Punya Sayap, Kenapa Ayam Nggak Mampu Terbang?
Punya sayap, ayam nggak bisa terbang. (Flickr/ kami rao)

Sebagaimana burung, ayam juga memiliki sayap. Meski begitu, mereka justru nggak bisa terbang. Apa alasannya, ya?

Inibaru.id – Bentuk tubuhnya mirip dengan burung. Ayam juga punya sayap dengan ukuran yang cukup besar. Tapi, unggas yang satu ini nggak bisa terbang sebagaimana burung. Kenapa ya?

Memang, kalau sedang terpaksa, ayam juga bisa terbang. Tapi jarak terbangnya biasanya cukup pendek, beberapa meter saja. Hampir nggak mungkin kita melihat ayam terbang dengan durasi atau jarak yang jauh lebih panjang. Hal ini tentu sangat mengherankan, bukan?

Ternyata, ada lo alasan mengapa ayam nggak bisa terbang. Selain karena evolusi yang membuatnya mencari makan dan tinggal di atas tanah, ayam ternyata juga memiliki tubuh yang nggak memungkinkan mereka untuk terbang jauh.

Badan ayam terlalu besar untuk ukuran sayapnya. (Flickr/

David Goehring)
Badan ayam terlalu besar untuk ukuran sayapnya. (Flickr/ David Goehring)

Kalau kamu cermati, ukuran tubuh ayam lebih besar dari rata-rata burung. Porsi tubuhnya juga jauh lebih besar dari sayapnya. Bobot tubuhnya ini membuat otot sayapnya nggak akan kuat untuk mengepakkan sayap dalam waktu lama.

Selain itu, ternyata susunan bulu ayam dan burung berbeda. Burung yang bisa terbang memiliki susunan bulu yang cenderung lebih rapat serta kuat. Ditambah dengan ukuran dan bobot tubuh yang ideal dengan sayapnya, mereka pun lebih mudah untuk mengangkat tubuhnya.

Kalau ayam memaksakan diri terus terbang, bisa jadi bulu yang nggak begitu rapat dan melekat kuat akan lepas. Akhirnya mereka pun akan jatuh juga.

Burung Kolibri punya sayap kecil, tapi mampu mengepakkan sayap lebih cepat. (Flickr/

Papa Pic)
Burung Kolibri punya sayap kecil, tapi mampu mengepakkan sayap lebih cepat. (Flickr/ Papa Pic)

Sebenarnya, ada juga lo burung yang memiliki ukuran sayap lebih kecil dibandingkan dengan tubuhnya. Namanya adalah burung kolibri. Tapi, tubuh burung kolibri memiliki mekanisme tersendiri untuk mengakalinya sehingga dia bisa tetap terbang, yakni kemampuannya mengepakkan sayap dengan sangat cepat. Kepakan sayapnya bahkan bisa mencapai 12 sampai 80 kali per detik!

Nah, ayam nggak punya kemampuan mengepakkan sayap secepat itu. Otot-ototnya nggak didesain untuk itu. Kalaupun memang bisa, dijamin bulu sayapnya akan rontok semua akibat hal ini.

Eits, meski nggak bisa terbang, kamu pasti pernah kan melihat ayam yang ‘terpaksa’ terbang karena kaget atau menghindari sesuatu. Kira-kira, mereka bisa terbang sejauh atau setinggi apa tuh, Millens? Hehe. (Bob/IB09/E05)