Punya Konsep yang Mirip, Ini Bedanya Podcast dan Radio

Punya Konsep yang Mirip, Ini Bedanya <em>Podcast</em> dan Radio
Ilustrasi bedanya radio dan podcast. (Afterthelevels)

Meski memiliki kesamaan, radio dan podcast punya perbedaan yang cukup signifikan lo, Millens. Apa saja?

Inibaru.id – Jika anak zaman dulu paling asyik kalau mendengarkan radio, anak zaman now lebih memilih podcast sebagai media hiburan.

Pada dasarnya, keduanya punya fungsi yang sama, yakni media komunikasi dan hiburan yang berupa audio. Kendati demikian, keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan lo, Millens! apa saja perbedaannya?

Konsep Siaran

Podcast dapat didengarkan kapan saja. (Shutterstock)

Radio biasanya disiarkan secara langsung dengan jadwal siaran yang telah ditentukan seperti tayangan televisi. Siaran radio juga dibatasi oleh batas geografis wilayah dan nggak bisa diputar lagi. Nah, ini lah yang membuat podcast menjadi istimewa.

Siaran podcast ini dapat didengarkan kapan saja. Podcast bahkan bisa diunduh, sehingga pendengar bisa memutar siaran ulang tanpa kendala apapun.

Topik Bahasan

Podcast lebih membahas hal yang spesifik. (Omghcontent.affino)

Ketika mendengarkan radio, kamu cenderung untuk mendengarkan satu stasiun radio favoritmu. Di radio, kamu bisa mendengarkan musik, diskusi politik, kesehatan, pendidikan, berbagai ulasan, bahkan kuliner.

Perbedaanya, podcast hanya membahas satu topik dan konten-kontennya lebih spesifik dalam satu channel. Hal yang disajikan pun merupakan topik yang unik dan jarang dibahas seperti tips, pengalaman pribadi, kisah horor, atau curahan hati.

Waktu Siaran dan Durasi

Penyiar podcast bebas menentukan durasi siaran. (Medium)

Dalam siaran radio, penyiar punya waktu terbatas. Hal ini karena radio memiliki banyak topik bahasan yang berbeda sehingga harus membagi waktu dalam setiap siarannya.

Sementara, podcast nggak memiliki waktu siaran karena konsep siarannya lebih bebas alias nggak bergantung pada stasiun mana pun. Penyiar podcast pun bebas menentukan waktu siaran dan durasi setiap episodenya sesuai keinginan.

Pembuatan

Di podcast, penyiar punya kebebasan untuk menentukan konten. (Lifewire)

Siaran radio terbilang rumit karena penyiar harus memiliki keahlian yang mumpuni dalam hal penyiaran. Topik siaran pun disesuaikan dengan stasiun radio tersebut.

Namun, di podcast, penyiar punya kebebasan untuk menentukan konten. Penyiar podcast pun cuma butuh ponsel untuk bisa siaran, berbeda dengan berbagai peranti yang dibutuhkan oleh sebuah stasuin radio.

Hak Cipta Musik

Kamu nggak bisa memasukkan lagu atau karya yang punya hak cipta. (Bigstock)

Meski memiliki kelebihan yang lebih banyak daripada radio, ada satu kelemahan podcast nih, Millens. Kamu nggak bisa sembarangan memasukkan lagu ke dalam siaranmu karena terikat oleh hak cipta si pemilik lagu. Kendati demikian, kamu jadi punya banyak ruang untuk menghasilkan kreasi yang lebih banyak.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara radio dan podcast. Kamu tim radio atau tim podcast, Millens? (IB07/E06)