Punya Banyak Manfaat, Begini Posisi Membaca yang Benar

Punya Banyak Manfaat, Begini Posisi Membaca yang Benar
Posisi baca yang benar mempunyai banyak manfaat. (Shutterstock via Hellosehat)

Membaca dengan posisi yang benar dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain untuk menjaga ketajaman mata, hal itu juga dapat menjaga mata agar nggak lelah, melancarkan sirkulasi darah, serta meningkatkan konsentrasi.

Inibaru.id - Posisi membaca berkaitan dengan jarak, postur tubuh, serta intensitas cahaya yang ada bisa mempengaruhi kesehatan mata. Sebab, jika membaca dalam keadaan cahaya yang redup bisa menyebabkan gangguan kesehatan mata.

Karena itu, sangat penting untuk membaca dalam posisi yang benar. Posisi membaca yang benar ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan lo. Selain untuk menjaga ketajaman mata, juga dapat menjaga mata agar nggak gampang lelah, melancarkan sirkulasi darah, serta meningkatkan konsentrasi.

Buat kamu yang hobi baca tapi khawatir dengan kesehatan mata, mungkin tips berikut dapat bermanfaat. Apa saja ya?

Duduk dengan Posisi Tubuh Tegak

Membaca sambil berdiri mungkin sekilas tampak keren. Tapi, posisi yang paling dianjurkan adalah membaca sambil duduk tegak. Dengan posisi ini, sirkulasi darah akan lebih lancar ke seluruh tubuh. O ya, pilih kursi dengan sandaran kalau kamu mau membaca dalam waktu lama ya. tulang belakangmu harus ditopang dengan benar. 

Manfaat yang diperoleh jika tulang belakang ditopang dengan baik adalah menghindari keluhan seperti nyeri punggung, leher kaku, dan pegal-pegal di bahu. Jaga jarak antara mata dengan buku juga penting diperhatikan. Jangan sampai terlalu dekat ya. 

Atur Jarak Mata dengan Objek Bacaan

Membaca sambil berbaring nggak baik. (Indoindians via Bobo)
Membaca sambil berbaring nggak baik. (Indoindians via Bobo)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pastikan untuk mengatur jarak pandang antara mata dengan objek bacaan. Ini sebabnya membaca sambil berbaring nggak disarankan. Jarak pandang bakal lebih dekat dan ini nggak baik. Atur jarak pandangmu antara 25-30 cm.

Selain itu, perhatikan juga arah dan sudut pandang. Pandangan mata saat membaca idealnya membentuk sudut 60 derajat. Artinya posisi objek berada di bawah pandangan mata tapi nggak terlalu rendah.

Optimalkan Pencahayaan Ruangan

Pencahayaan ruangan ini sangat penting agar kamu dapat melihat objek dengan jelas. Tapi, cahaya ruangan yang sangat terang juga nggak baik untuk mata. Membaca di ruangan yang sangat terang bisa bikin mata silau, sedangkan membaca di ruangan yang redup juga bisa membuat mata menjadi rabun atau penglihatan menjadi buram. 

Kedua kondisi itu bikin susah fokus dan mata cepat lelah, meskipun posisi baca sudah benar. Jadi, jangan lupa atur pencahayaan ketika hendak membaca ya. 

Istirahatkan Mata

Terkadang, saking menghayatinya, kamu nggak sadar sudah membaca selama berjam-jam tanpa istirahat. Nah, memforsir mata untuk membaca tana henti sangat nggak dianjurkan. Mata bisa kelelahan.

Istirahatkan mata dengan memberi jeda dan berjalan-jalan melihat pemandangan. Kalau sudah begitu, mata bisa diajak fokus kembali.

Bagi sebagian orang membaca memang candu. Tapi, jangan sampai hal ini menjadi pembenaran posisi baca yang nggak baik ya, Millens. (Hel/MG44/E05)