Punya 12,4 Juta Subscribers, Calon Sarjana Terbukti Plagiat

Akun Youtube Calon Sarjana menuai kabar miring karena kontennya merupakan hasil plagiat. Berita ini pertama kali dibagikan oleh akun twitter JTonYouTube.

Punya 12,4 Juta Subscribers,  Calon Sarjana Terbukti Plagiat
Calon Sarjana. (Youtube)

Inibaru.id - Dunia Youtube Indonesia dikejutkan dengan kabar miring. Hal ini dikarenakan oleh akun akun Youtube Calon Sarjana yang terbukti plagiat. Sontak hal ini bikin geger warganet Tanah Air dan juga dunia.

Sebuah akun twitter @JTonYouTube pertama kali membeberkan perilaku tercela Calon Sarjana tersebut di akun Twitternya pada Rabu (6/11/2019). Dengan mengunggah sebuah tangkapan layar, @JTonYouTube menyayangkan Calon Sarjana yang juga mencuri thumbnail-nya.

"12,4 juta subscriber dan dia mencuri thumbnail-ku. Dia benar-benar nggak tau apa yang aku lakukan," kicau @JTonYouTube.

Calon Sarjana adalah saluran Youtube dengan konten video lucu, aneh, keren, dan kadang misterius. Subscribernya pun sudah mencapai 12,4 juta. Selain itu Calon Sarjana mendapatkan prestasi sebagai Top 10 akun Youtuber Indonesia. Namun sayang, prestasinya tersebut tercoreng akibat terungkapnya kabar ini.

Bukti plagiasi yang dilakukan oleh Calon Sarjana. (Kaskus)

Dalam menanggapi berita tersebut, Calon Sarjana kemudian menghubungi JTonYouTube secara langsung untuk meminta maaf, pada pada Kamis (7/11). Namun permohonan maafnya itu nampaknya sudah terlambat dan terlanjur membuat JTonYouTube kesal.

Nggak cuma meminta maaf secara langsung, Calon Sarjana juga meminta maaf secara terbuka melalui akun Twitternya.

"Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube "JT" @JTonYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan," kata @CalonSarjana seperti dilansir dari Detik pada (8/11).

Kicauan JTonYouTube yang telah menguak plagiasi dari Calon Sarjana lewat akun Twitternya itupun mendapat berbagai komentar dari netizen di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

 “Ih bikin malu aja sih,” tulis akun@Autumn10_ .

Sementara akun @antitudeshou seakan mengambil pelajaran dari peristiwa plagiasi ini.

I learn from kasus Calon Sarjana ini, sepandai-pandainya menyimpan bangkai, nanti akan tercium juga.”

Wah sayang banget kalau konten sebagus itu ternyata plagiat ya, Millens! (IB28/E06)