Pulsa HP Tersedot Sendiri Tanpa Kamu Tahu? Begini Cara Mengatasinya

Pulsa HP Tersedot Sendiri Tanpa Kamu Tahu? Begini Cara Mengatasinya
Pulsa HP tersedot sendiri, kamu harus melakukan sejumlah hal demi mengatasinya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Banyak orang mengeluhkan pulsa HP tersedot sendiri tanpa diketahui. Bagaimana ya cara untuk bisa segera mengatasi pencurian pulsa ini?

Inibaru.id – Banyak orang yang keheranan dengan pulsa HP tersedot sendiri. Bagaimana nggak, mereka nggak merasa menghabiskannya untuk paket internet, telepon, atau hal-hal lainnya. Nah, ternyata ada lo penyebab mengapa bisa terjadi pencurian pulsa yang nggak kamu ketahui.

Daripada kamu bingung karena terus-terusan mengalami pencurian pulsa, sebaiknya lakukan berbagai hal ini deh.

Lakukan Hal Ini Jika Kamu Menggunakan Provider Indosat

Kalau kamu adalah pengguna Indosat dan mengalami masalah pulsa HP tersedot sendiri, segera deh cek di *726#. Kalau pilihan menu sudah keluar, segera pilih Cek Status. Setelahnya, baca dengan cermat isi dari notifikasi yang dikirimkan ke ponselmu.

Jika memang di notifikasi tertulis kamu nggak terdaftar pada layanan apapun, berarti nomor ponselmu aman dari penyedotan pulsa yang kamu nggak ketahui. Sebaliknya, jika tercantum konten berbayar layaknya RBT atau lainnya, segera deh hentikan hal ini.

Cara menghentikannya juga nggak sulit kok, Millens. Kamu tinggal kembali menekan nomor *726#. Setelah itu, pilih menu Stop. Biasanya, setelah ini kamu nggak akan lagi mengalami pengurangan pulsa karena seluruh layanan konten berbayar sudah dihentikan. Meski begitu, jika pulsa tetap saja terpotong, segera deh hubungi Customer Service Indosat untuk memastikan apa penyebabnya.

Jangan sembarangan klik iklan kalau sedang berselancar di internet. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Jangan sembarangan klik iklan kalau sedang berselancar di internet. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau Kamu Adalah Pengguna Provider Telkomsel

Layaknya Indosat, Telkomsel juga menyediakan layanan yang memungkinkanmu mengetahui layanan atau konten berbayar apa saja yang nomormu gunakan. Layanan ini ada di nomor *116#. Usai kamu menekan tombol tersebut, akan muncul petunjuk untuk mengetahui apa saja konten atau layanan konten berbayar.

Meski begitu, jika kamu tetap mengalami pengurangan pulsa meskipun sudah nggak lagi ikut dalam layanan atau konten berbayar, sebaiknya segera hubungi Customer Service Telkomsel deh.

Tips Agar Pulsa HP Nggak Tersedot Lagi

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar nggak lagi mengalami pencurian pulsa yang nggak kamu ketahui. Berikut adalah beberapa tips tersebut.

  • Ada baiknya hindari penggunaan satu nomor ponsel untuk berbagai kebutuhan. Sebagai contoh, gunakan satu nomor untuk kebutuhan bisnis dan nomor lainnya untuk kebutuhan pribadi. Jika memang terpaksa hanya bisa memakai satu nomor, sebaiknya kamu sering-sering mengecek apakah ada konten atau layanan yang bisa memotong pulsa kamu;
  • Selalu cek kuota paket yang kamu gunakan. Pastikan bahwa kamu mematikan data jika memang durasi waktu kuota akan habis dan kamu belum sempat memperpanjang atau mengaktifkannya lagi. Jika nggak, otomatis pulsa kamu akan hilang dalam sekejap; Jangan sembarangan menekan iklan saat membuka situs-situs tertentu. Bisa jadi iklan ini membuatmu berlangganan konten tanpa kamu sadari;
  • Waspada dengan spam SMS yang isinya memintamu berlangganan konten atau layanan tertentu. Jangan sembarangan membalas atau menekan IYA. Jika perlu, segera hapus jika dianggap mengganggu.

Begitu cara mengatasi pulsa HP tersedot sendiri, Millens. Hati-hati ya agar nggak sampai mengalaminya. (Oke/IB09/E05)