Puasa Ramadan di Tengah Wabah Covid-19? Bisa dengan 4 Tips Ini!

Puasa Ramadan di Tengah Wabah Covid-19? Bisa dengan 4 Tips Ini!
Ramadan tiba! Ramadan tiba! (Unsplash/ Levi Clancy)

Nggak lama lagi bulan suci Ramadan bakal tiba. Buat kami yang beragama Islam, persiapan sebelum melakukan ibadah puasa selama 30 hari ke depan sangat penting. Apa saja sih yang harus disiapkan?

Inibaru.id - Ramadan tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh masih mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Kita nggak lagi bebas melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk aktivitas ibadah demi mencegah penularan virus ini.

Menteri Agama Fachrul Razi telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Dalam surat tersebut, Fachrul meminta umat Muslim di Indonesia menjalankan ibadah di rumah saja selama Ramadan tahun ini.

"Surat Edaran ini sebagai panduan beribadah yang sejalan dengan syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko Covid-19," kata Fachrul pada Senin (6/4/2020).

Meski beribadah di rumah, bukan berarti kamu santai dan lengah dalam menghadapi bulan Ramadan. Pastikan untuk mempersiapkan berbagai hal agar bisa menjalankan ibadah dengan lancar sekaligus menjaga sistem imun tetap kuat. Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan.

1. Penuhi Kebutuhan Bahan Makanan untuk 1-2 Minggu ke Depan

Makanan bergizi seimbang buat menu sahur dan berbuka. (Pixabay/ Shutterbug75)
Makanan bergizi seimbang buat menu sahur dan berbuka. (Pixabay/ Shutterbug75)

Mengunjungi tempat publik seperti pasar atau swalayan membuat kamu berisiko terpapar virus Covid-19. Maka dari itu, saat berbelanja, sebaiknya kamu menyiapkan bahan makanan untuk 1-2 minggu ke depan. Hal ini tentu akan membuat kamu nggak perlu sering ke luar rumah demi mencari makanan.

Hanya, sebelum berbelanja, pastikan untuk menentukan menu makanan apa saja yang akan dibuat dalam 1-2 minggu ke depan. Hal ini bisa membuat kamu lebih efektif saat berbelanja. Selain itu, pastikan untuk memperbanyak asupan sayuran, buah, serta lauk yang bisa disimpa dalam waktu yang lama, ya?

2. Memasak Sendiri

Mengisi waktu ngabuburit bisa banget dengan memasak. (Pixabay/ Pexels)
Mengisi waktu ngabuburit bisa banget dengan memasak. (Pixabay/ Pexels)

Saat pandemi seperti sekarang ini, kebersihan menjadi hal yang penting, termasuk dalam hal makanan. Alih-alih membeli makanan di luar, sebaiknya kamu memasak makanan untuk sahur dan berbuka. Selain bisa menjamin kebersihan dan cara memasak yang aman, kamu juga bebas menentukan menu sendiri yang disukai.

Selain makanan berat, nggak ada salahnya membuat makanan kecil atau minuman sendiri untuk berbuka puasa. Kamu pun bisa menentukan menu takjil yang sehat sekaligus lebih bersih.

3. Jaga Kebersihan Jika Membeli Makanan dari Luar

Jaga kebersihan makanan delivery kamu ya, Millens. (Unsplash/Erik McLean)
Jaga kebersihan makanan delivery kamu ya, Millens. (Unsplash/Erik McLean)

Kamu nggak sempat menyiapkan menu sahur dan berbuka? Boleh-boleh saja kok memesan makanan yang diantarkan ke rumah. Tapi, jangan lupa tetap menjaga kebersihan ya. Caranya, kamu bisa memindahkan makanan ke peralatan makanan yang kamu punya.

Selain itu, jangan sampai lupa cuci tangan demi mencegah penyebaran virus dan kuman penyebab penyakit. Pastikan untuk memakai sabun dan air bersih.

4. Rutin Membersihkan Peralatan Ibadah

Jangan lupa cuci peralatan ibadahmu! (Okezone/ Annisa)
Jangan lupa cuci peralatan ibadahmu! (Okezone/ Annisa)

Sebelum puasa, peralatan ibadah seperti sajadah, mukena, sarung, dan atau peci harus kamu bersihkan. Peralatan ibadah yang bersih dapat membuat ibadah terasa lebih khusyuk.

Nggak hanya yang lama, peralatan ibadah yang baru juga harus mendapat perlakuan yang sama. Cucilah menggunakan deterjen dan air, agar sisa tekstil dan paparan partikel luar bisa benar-benar dibersihkan.

Meski akan sangat berbeda karena adanya virus corona, bukan berarti kita nggak bisa melakukan ibadah puasa dengan baik, kok Millens. Selalu jaga kesehatan, ya? (Kom/MG27/E07)