Puasa Masih Bisa Diet kok, Berikut Tipsnya

Puasa Masih Bisa Diet kok, Berikut Tipsnya
Diet saat puasa. (Hellosehat)

Saat berpuasa, tubuh akan membutuhkan banyak cairan dan nutrisi. Namun, bukan berarti kamu nggak bias diet ya, Millens. Nah, berikut tips diet bagi kamu yang sedang berpuasa.

Inibaru.id – Puasa nggak bakal menjadi penghalang seseorang dalam beraktivitas kok, termasuk bagi pelaku program diet. Asal tetap memperhatikan asupan makanan selama berpuasa, kamu tetap bisa menjalani kebiasaan hidup sehat.

Saat berpuasa, pola diet yang diterapkan bisa tetap sama. Namun, kamu harus lebih memperhatikan keseimbangan asupan karbohidrat, lemak, dan protein yang tepat saat sahur. Jika hal tersebut nggak diperhatikan, makanan yang kamu konsumsi malah bisa mengakibatkan kenaikan berat badan. Lebih parah lagi, kamu bisa terserang kekurangan nutrisi karena terlalu berhati-hati menjaga makan.

Nah, supaya nggak salah, berikut sejumlah tips diet saat puasa.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Poin penting dari program diet adalah memilih menu makanan yang sehat dan bergizi. Jadi, pastikan menu berbuka dan sahurmu sudah lengkap nutrisinya. Makanan yang kamu santap mesti mengandung karbohidrat, tinggi protein, serat, dan lemak sehat seperti lemak ikan, minyak zaitun, minyak bunga matahari. Pemilihan menu karbohidrat juga harus sesuai dengan program diet yang kamu jalani.

Hindari Produk yang Diolah

Makanan yang diolah biasanya mengandung MSG dari garam dan penyedap, pemanis buatan, hingga lemak jenuh yang nggak sehat. Itu sebabnya sangat penting bagimu untuk menghindari produk yang diolah, terutama junk food. Lebih baik siapkan menu buka dan sahur sendiri sehingga terjamin asupan nutrisinya. Kamu juga bisa mengakalinya dengan metode memasak tumis, rebus, kukus, dan panggang agar makanan yang kamu konsumsi terjaga kandungan nutrisinya.

Kurangi Asupan Gula

Mengonsumsi makanan manis saat berbuka adalah pilihan yang nggak bisa ditolak. Namun, langsung makan dan minum manis justru dapat membuat perut kembung dan mengakibatkan proses pencernaan terhambat.

Nah, ada baiknya kamu nggak sembarangan makan dan minum yang manis. Selain mengakibatkan hal-hal di atas, makanan tinggi gula juga dapat mengakibatkan kadar gula dalam darah nggak stabil. Kalau kamu ingin makan yang manis-manis, kurma sangat disarankan. Kurma mengandung gula dan nutrisi yang baik, bahkan ada kandungan magnesium dan potassium yang bisa memperlancar sistem pencernaan.

Mengontrol Asupan Cairan dalam Tubuh

Saat berpuasa, tubuh pasti akan kehilangan banyak cairan. Nah, itu sebabnya saat berbuka dan sahur kamu mesti mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, tak terkecuali buah-buahan. Kamu juga mesti memenuhi kebutuhan air putih untuk tubuh.

Makanlah secara Perlahan

Selain memperhatikan asupan makanan, kamu juga perlu memperhatikan cara menyantap makanan. Menyantap makanan secara perlahan lebih dianjurkan bagi pelaku diet. Makanan yang dikunyah secara perlahan dalam waktu yang lama lebih lembut sehingga meringankan proses pencernaan.

Mulailah buka puasa dengan kurma, air putih, diikuti semangkuk kecil sup hangat atau salad sayuran. Setelah itu, lanjutkan dengan menyantap hidangan utama 2-3 jam usai berbuka dengan sup atau salad.

Itulah beberapa tips diet saat puasa yang bisa kamu ikuti. Selamat mencoba! Diet jangan mulai dari besok melulu. Ha-ha. (IB07/E04)