Puasa di Finlandia 21 Jam, Bagaimana Muslim di Sana Menjalaninya?

Puasa di Finlandia 21 Jam, Bagaimana Muslim di Sana Menjalaninya?
Puasa di Finlandia 21 jam. Pasti bakal sangat berat menjalaninya selama itu, ya? (Flickr/Benjamin Horn)

Beda dengan di Indonesia yang hanya sekitar 13 jam, waktu puasa di Finlandia 21 jam. Pasti sangat berat ya menjalaninya selama itu. Bagaimana Muslim di Finlandia melakukannya?

Inibaru.id – Di Indonesia, kamu hanya perlu berpuasa sekitar 13 jam setiap hari. Memang, cuaca di sini cenderung panas sehingga bisa membuat puasa jadi terasa berat. Tapi kamu tahu nggak durasi puasa di Finlandia 21 jam? Kalau selama itu, bagaimana para muslim menjalaninya, ya?

Kamu tahu kan Millens kalau aturan berpuasa adalah dari matahari terbit sampai kembali terbenam. Nah, aturan ini biasanya diadopsi di negara-negara khatulistiwa seperti Indonesia. Di sini, durasi matahari terbit dan tenggelam nggak bakal berbeda jauh sepanjang tahun.

Meski suhu di Indonesia panas, durasi berpuasa ini masih dianggap nggak akan menyebabkan masalah kesehatan.

Kalau di negara empat musim seperti di Eropa sana, aturan ini bakal sulit untuk dijalani. Bagaimana nggak, di negara-negara yang dekat dengan Kutub Utara seperti Finlandia, ada kemungkinan kamu mengalami satu hari penuh tanpa malam saat musim panas atau bahkan tanpa siang sama sekali saat musim dingin. Nah, khusus untuk Ramadan 1442 H tahun ini, siang hari jauh lebih lama, yakni mencapai 21 jam. Wah, bagaimana bisa puasa dijalankan selama itu, ya?

Wilayah Finlandia yang membuat warganya harus berpuasa selama 20 sampai 21 jam adalah Rovaniemi yang ada di utara Finlandia. Kalau di Helsinki yang ada di selatan negara ini, durasinya sedikit lebih pendek, yakni 17 sampai 18 jam. Di Rovaniemi, setidaknya ada 100 warga muslim yang kebanyakan adalah imigran dari Irak, Afghanistan, serta Somalia.

Banyak muslim Finlandia mengikuti jam puasa dari negara muslim terdekat seperti Turki. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Banyak muslim Finlandia mengikuti jam puasa dari negara muslim terdekat seperti Turki. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau memaksakan diri mengikuti durasi ini, tentu akan sangat berat bagi para muslim di sana. Nah, karena hal inilah, muslim di Finlandia atau negara-negara tetangganya bisa memakai waktu berpuasa di negara muslim terdekat, dalam hal ini Turki.

“Kita pakai akal sehat, kami mengikuti waktu berpuasa di Turki yang hanya 14-15 jam,” ucap salah seorang warga Finlandia yang merupakan imigran dari Kenya, Mahmoud Said, sebagaimana dilansir dari NDTV.

Selain dengan mengikuti waktu berpuasa di negara muslim terdekat, ada cara lain yang bisa mereka lakukan, yakni dengan memakai jadwal berpuasa dari Mekkah. Durasinya nggak begitu jauh dengan di Indonesia. Kedua cara inilah yang diadopsi sebagian besar kaum muslim di Finlandia, khususnya yang tinggal di bagian utara negara tersebut.

Masih Jadi Perdebatan

Sayangnya, cara berpuasa ini ternyata masih jadi perdebatan. Dr Abdul Manan dari Islam Society of Northern Finland menyebut ada dua mahzab terkait hal ini. Menurutnya, sejumlah ulama dari Mesir menyebut jika muslim berpuasa di hari yang panjang atau lebih dari 18 jam, bisa mengikuti waktu Makkah, Madinah, atau negara muslim terdekat.

Namun, ada mahzab lain dari ulama Arab Saudi yang menyebut mereka tetap harus mengikuti durasi puasa tempat mereka tinggal.

Menarik ya, kalau kamu puasa di Finlandia 21 jam, apakah tetap akan menjalaninya atau memilih untuk mengikuti durasi puasa di negara muslim terdekat saja, Millens? (Kum/IB09/E05)