Puan Minta 14 Negara Cabut Travel Advice ke Indonesia

Teror bom yang terjadi di Indonesia beberapa pekan ini membuat 14 negara di dunia mengeluarkan Travel Advice ke Indonesia. Bila hal itu diberlakukan dalam waktu lama yang lama, dikhawatirkan Asian Games 2018 akan sepi penonton.

Puan Minta 14 Negara Cabut Travel Advice ke Indonesia
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani (Politiktoday.com)

Inibaru.id – Serangkaian kasus terorisme yang menyerang beberapa daerah di Indonesia membuat 14 negara mengeluarkan Travel Advice atau peringatan bagi warganya yang pengin berkunjung ke Indonesia. Padahal, sebentar lagi Indonesia bakal menggelar perhelatan akbar Asian Games yang tentunya diharapkan dapat mendatangkan banyak wisatawan baik domestik maupun luar negeri.

Kompas.com, Jumat (18/5/2018) menulis, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berharap 14 negara itu segera mencabut Travel Advice. Keempat belas negara itu adalah Inggris, Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Polandia, Irlandia, Kanada, Prancis, Filipina, Brasil, dan Swiss. Jika tidak, dikhawatirkan ajang Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus dan September mendatang sepi penonton.

“Kami harap travel advice tidak akan berlangsung lama dan segera dicabut,” ucap Puan di Kantor Kemenko PMK, Kamis (17/5).

Dikeluarkannya Travel Advice oleh negara-negara tersebut sebenarnya bisa dimengerti, mengingat setiap pemerintah tentu akan melindungi keselamatan warganya, khususnya saat berada di negara lain. Namun, pemerintah Indonesia sudah menjamin kondisi keamanan dalam negeri, termasuk nanti saat Asian Games berlangsung.

“TNI dan Polri sudah melakukan koordinasi dan perencanaan pengamanan dengan baik. Lembaga lain seperti BIN, BNPT, BSSN, dan berbagai kementerian serta lembaga juga terlibat,” ucap Puan.

Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir juga menganggap wajar bila sampai ada negara yang mengeluarkan Travel Advice.

“Sangat wajar jika negara berusaha untuk menjaga keselamatan warganya,” ucap Fachir.

Pihak Kementerian Luar Negeri sudah berusaha untuk meyakinkan negara-negara lain tentang keamanan di Indonesia meskipun beberapa saat lalu telah terjadi sejumlah aksi terorisme. Fachir juga mengaku jika beberapa negara peserta Asian Games telah bertanya tentang kondisi keamanan di Indonesia.

Semoga kasus terorisme di Indonesia segera tuntas agar kondisi pariwisata dan Asian Games  2018 nanti dapat terjaga, ya Millens. (IB09/E04)