PTM, Siswa Nggak Boleh Lupa Bawa Barang-barang Ini

PTM, Siswa Nggak Boleh Lupa Bawa Barang-barang Ini
Sekolah dengan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai dilakukan di banyak tempat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Biar aman dan nggak mudah tertular penyakit, siswa sekolah yang sudah mengadakan pembelajaran tatap muka (PTM) sebaiknya membawa barang-barang ini, Millens. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Meski kasus penularan Covid-19 di Indonesia masih belum benar-benar mereda, setidaknya di banyak tempat sudah nggak separah beberapa waktu yang lalu.

Hal ini membuat sejumlah daerah pun mulai membolehkan sekolah melakukan pembelajaran tatap muka (PTM). Banyak siswa dan orang tua yang menyambut baik keputusan ini.

Beda dengan sekolah di masa sebelum pandemi, kini sekolah harus dilakukan dengan hati-hati. Memang, sekolah tatap muka bakal lebih menyenangkan karena bisa bertemu dengan guru dan teman-teman secara langsung, tapi, tetap saja anak-anak harus benar-benar dijaga agar tidak mudah terpapar penyakit.

Nah, biar aman, yuk simak barang-barang apa saja yang sebaiknya disiapkan anak agar bisa lancar sekolah PTM.

Alat Tulis

Dulu, siswa bisa dengan mudah saling meminjam alat tulis seperti bolpen, pensil, tipe-x, dan lain-lain. Karena kini ada di masa pandemi, kebiasaan ini sayangnya harus dihilangkan dulu, Millens. Jadi, anak-anak harus membawa peralatan sekolahnya selengkap mungkin. Tujuannya agar nggak perlu minjam, deh.

Biar nggak ribet, sebaiknya siswa juga membawa semacam dusgrip atau kantong alat tulis sendiri. Tujuannya, ya biar alat tulisnya nggak tercecer dan lebih ringkas saat dibawa.

Bawa Masker Cadangan

Salah satu benda wajib yang harus dipakai kalau keluar rumah adalah masker. Nah, otomatis, siswa yang sekolah PTM pun mau nggak mau harus selalu memakainya. Kamu tahu kan kalau masker nggak bisa dipakai terlalu lama?

Masker cadangan jadi benda wajib yang harus dibawa siswa di sekolah. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Masker cadangan jadi benda wajib yang harus dibawa siswa di sekolah. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ketika masker sudah lama dipakai, kotor, atau basah, siswa harus menggantinya. Otomatis, mereka pun harus membawa masker cadangan deh. Sebagai catatan, masker ini harus ditempatkan di wadah atau kantung khusus agar tetap bersih ya.

Hand Sanitizer atau Spray

Benda wajib lain yang harus rajin dibawa siapa saja di luar rumah adalah hand sanitizer baik itu dalam bentuk jel atau dalam bentuk spray. Tujuannya, kalau baru saja menyentuh benda yang sekiranya sering dipegang orang lain, bisa disemprotkan ke tangan sehingga tangan pun nggak lagi membawa virus atau kuman penyebab penyakit, Millens.

Biar nggak ribet, bawa saja hand sanitizer dengan ukuran kecil yang bisa ditempatkan di saku atau tas. Jadi, sekiranya tiba-tiba butuh, tinggal dipakai deh.

Bekal Minum dan Makanan

Sebenarnya agak ironis juga ya. Meski sekolah sudah bisa PTM, siswa nggak disarankan untuk jajan di tempat agar nggak mudah terkena penyakit. Biar aman, mereka sebaiknya dibekali bekal minuman atau jajanan dari rumah.

Bekalnya nggak perlu ribet kok, bisa saja berupa botol minuman dan satu atau dua jenis bungkus jajanan. Malah bisa lebih hemat juga.

Kira-kira, barang apa lagi ya yang perlu dibawa siswa sekolah saat PTM, Millens? (Idn/IB09/E05)