PT KAI Segera Resmikan KA "Sleeper"

Gerbong kereta sleeper diperkirakan siap beroperasi pada Juni mendatang. Yuk, intip keistimewaan gerbong kereta ini.

PT KAI Segera Resmikan KA "Sleeper"
Ilustrasi kereta api sleeper. (Jawapos.com)

Inibaru.id – Ada kabar gembira nih buat kamu yang suka bepergian naik kereta. PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) bakal segera meresmikan gerbong kereta sleeper, lo. Gerbong yang diklaim mirip dengan layanan first class di pesawat terbang ini akan beroperasi pada Juni mendatang.

"Sebelum lebaran ini empat kereta tersebut akan datang. Harapan kami lebaran nanti sudah bisa dioperasikan,” kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukromo.

Gerbong kereta sleeper ini tentunya memiliki banyak kelebihan dibanding gerbong kereta biasa. Di kereta ini, penumpang bisa mengubah tempat duduknya menjadi tempat tidur. Dengan begitu, penumpang terhindarkan dari rasa capai di kereta karena bisa menyelonjorkan kaki dengan nyaman. Selain kursi penumpang yang bisa diubah, penumpang juga bakal dimanjakan dengan sajian makanan, tontonan televisi, dan fasilitas penunjang lainnya.

Jawapos.com, Jumat (13/4/2018), menulis, setiap gerbong kereta sleeper memiliki kapasitas 18 kursi. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibanding kapasitas gerbong priority yang selama ini menjadi kereta paling mewah di Indonesia, yakni 28 seats. Kereta sleeper ini bakal disambung pada rangkaian kereta eksekutif yang sudah ada. Ini dilakukan sebagai percobaan untuk mengetahui respons pasar. Bila peminatnya banyak, PT KAI bakal memperbanyak jumlah kereta sleeper.

Kereta itu rencananya bakal melayani perjalanan jarak jauh dari Jakarta ke Surabaya. Saat ini, harga tiket kereta sleeper diprediksi lebih dari Rp 900 ribu setiap perjalanan seperti yang ditulis Kompas.com, Sabtu (14/4). Nominal tersebut lebih tinggi daripada harga tiket kereta priority yakni Rp 750 ribu tiap perjalanan.

Kereta sleeper lebih istimewa karena kereta ini merupakan hasil produksi dalam negeri. Kereta itu rupanya diproduksi PT INKA (Persero) yang berkantor di Madiun, Jawa Timur. Wah, keren ya, Millens.

Hm, jadi nggak sabar nih buat menjajal kereta satu ini. (IB08/E04)