PSIS Tumbangkan Persikabo 3-1, Imran: Bukan Soal Hasil, Tapi Memaksimalkan Pemain

PSIS Tumbangkan Persikabo 3-1, Imran: Bukan Soal Hasil, Tapi Memaksimalkan Pemain
Farrel Arya, debutan muda yang langsung mencetak gol. (Dok. PSIS)

PSIS berhasil meraih kemenangan dari Persikabo 1973. Hasil ini membuat PSIS menjadi pemimpin klasemen di grup A dalam ajang Piala Menpora 2021.

Inibaru.id ­- Setelah pada pertandingan pertama Piala Menpora lalu ditahan imbang oleh Barito Putera, kini PSIS Semarang benar-benar mengukuhkan dirinya sebagai tim tangguh. Hasilnya, kemenangan 3-1 diraih oleh PSIS dari Persikabo 1973 pada pertandingan yang digelar Kamis (25/3/2021), sore.

PSIS sebetulnya nggak terlalu dominan menguasai pertandingan. Tampak bola lebih sering terlepas dari kaki Fandi Eko Utama dkk. Alhasil, beberapa kali Persikabo 1973 melakukan serangan berbahaya ke gawang PSIS. Namun, dalam segi memanfaatkan peluang, kali ini PSIS adalah jagonya.

Gol tercipta pada menit ke-21. Pemain muda PSIS Semarang yang melakukan debut yakni Farrel Arya Trisandika menjebol gawang Persikabo Syahrul Trisna Fadillah. Diawali throwpass dari Fandi Eko Utama melewati sela-sela kaki pemain bertahan Persikabo, Farrel yang lolos dari jebakan offside mampu mencetak gol dari sudut tiang dekat.

Andreas Ado dijatuhkan di kotak penalti. (Dok. PSIS)<br>
Andreas Ado dijatuhkan di kotak penalti. (Dok. PSIS)

Unggul 1-0 nggak cukup bagi PSIS. Pada menit 26, Fandi Eko Utomo yang sebelumnya memberi assist gantian mencetak gol dari luar kotak penalti. Farrel Arya yang sebelumnya 'dilayani' Fandi Eko kali ini jadi dalang gol kedua dengan memberikan umpan pendek ke Fandi Eko. Sampai turun minum, PSIS unggul 2-0.

Masuk di babak kedua, PSIS mengendorkan serangan. Bahkan dua pencetak gol di babak pertama yakni Fandi Eko dan Farrel Arya diganti oleh dua pemain bertahan yakni Soni Setiawan dan Frendi Saputra.

Persikabo 1973 terus menggempur pertahanan PSIS namun sama sekali nggak memberikan hasil. Serangan balik PSIS justru bikin Persikabo kewalahan. Andreas Ado yang masuk pada babak kedua dijatuhkan di kotak penalti pada menit ke-80. Arhan Pratama, pemain muda yang belakangan bermain apik sebagai fullback itu sukses menjalankan tugasnya. Keunggulan PSIS bertambah menjadi 3-0.

Persikabo hanya mampu memperkecil keunggulan PSIS menjadi 3-1 setelah tendangan bebas Firza Andika nggak bisa dihalau oleh kiper PSIS Jandia Eka Putra jelang peluit panjang dibunyikan.

Pratama Arhan berhasil cetak gol dari penalti. (Dok. PSIS)<br>
Pratama Arhan berhasil cetak gol dari penalti. (Dok. PSIS)

Bukan Soal Hasil Tapi Optimalisasi Skuat

Imran Nahumarury, asisten pelatih yang menggantikan Dragan Djukanovic karena dikartu merah di pertandingan sebelumnya mensyukuri kemenangan ini. Meski senang dengan didapatnya tiga poin, Imran lebih puas dengan bagaimana PSIS mampu mengoptimalkan pemain yang ada.

“Bukan hasilnya, tapi menit bermain bagi pemain muda, dan memaksimalkan pergantian pemain. Anak-anak evaluasi betul dari kesalahan saat melawan Barito kemarin,” ujar Imran.

Dalam pertandingan kali ini, ada satu pemain yang menonjol yakni Fandi Eko Utomo. Dia kembali mencetak gol spektakuler. Imran pun memuji pemain asal Surabaya ini. Meski begitu, dia juga berpesan agar Fandi nggak jemawa.

“Fandi Eko pemain yang punya pengalaman. Tapi itu semua juga berkat kerja tim,” tambahnya.

Semoga PSIS bisa terus menuai hasil positif di ajang Piala Menpora 2021 ya, Millens. (IB28/E07)