PSIS Development, Niat Mulia 'Mahesa Jenar' untuk Talenta Muda Kota Lunpia

PSIS Development, Niat Mulia 'Mahesa Jenar' untuk Talenta Muda Kota Lunpia
PSIS semakin fokus pada pembinaan pemain muda. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Pembinaan pemain muda terus digencarkan oleh PSIS Semarang atau yang kerap disebut Laskar Mahesa Jenar. Salah satu upayanya adalah mendirikan PSIS Development, yang selain bertujuan menyiapkan penggawanya pada tahun-tahun mendatang juga mempersiapkan talenta muda Kota Lunpia, Semarang.

Inibaru.id - PSIS Semarang semakin fokus pada pembinaan pemain usia mudanya. Hal itu ditandai dengan bakal diluncurkannya PSIS Development. Perangkat itu nantinya akan menjadi wadah khusus bagi pembinaan para pesepak bola usia muda.

Pembahasan ini sudah dilakukan di salah satu kediaman Komisaris PSIS pada Rabu (3/2/2021). Dalam pertemuan tersebut CEO PSIS Yoyok Sukawi dan jajaran pihak direksi manajemen telah menyampaikan paparan yang disusun oleh Direktur Akademi Muhammad Ridwan.

Yoyok mengatakan, saat ini PSIS Development sedang dalam tahap finishing. Jika pembentukan sudah rampung, perangkat ini akan segera diresmikan. Setelah itu, mereka akan merekrut bibit-bibit muda yang memiliki ketertarikan di dunia sepak bola.

"Tadi kami sudah mendengarkan paparan Direktur Akademi. Kami dari jajaran manajemen dan komisaris memberi keleluasaan untuk Direktur Akademi dalam mengelola PSIS Development. Ini beda dengan Elite Pro Academy, " ujarnya.

Adapun untuk sistem perekrutan, Yoyok mengaku saat ini masih belum bisa memberi banyak gambaran. Yang pasti, pelaksanaannya dilakukan pasca-launching. Pada kesempatan itu, dia juga berharap para pemain muda di mana pun untuk mempersiapkan diri.

"Tunggu saja, buat adik-adik yang masih berstatus pelajar, monggo disiapkan sejak sekarang. Fisiknya, tekniknya, dan lain sebagainya," kata Yoyok.

Menyamakan Visi

Pertemuan untuk membahas PSIS Development. (Dok PSIS)<br>
Pertemuan untuk membahas PSIS Development. (Dok PSIS)

Dalam pertemuan itu, Direktur Akademi PSIS M Ridwan mengungkapkan, pertemuan tersebut dilakukan untuk menyamakan visi. Pemaparan itu, lanjutnya, dilakukan agar pihak pengelola akademi dan manajemen bisa berjalan seiring.

"Kami sampaikan program latihan yang nanti disiapkan, filosofi permainan sepak bola yang akan dikembangkan, hingga fasilitas apa saja yang dibutuhkan," tutur mantan pemain Tim Nasional Indonesia ini.

Nggak lupa, Ridwan juga mengucapkan terima kasih kepada manajemen karena sudah memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengelola. Nantinya, PSIS Development akan menjadi rumah bagi pesepak bola usia muda agar lebih mengenal dan mendalami permainan si kulit bundar itu.

Nantinya, para pemain akan mendapatkan program latihan di dalam dan luar lapangan, termasuk di dalamnya sesi gym, gizi, motivasi, dan analisa video, yang semuanya dilakukan oleh seorang profesional dalam bidangnya masing-masing.

Kemudian yang paling utama, para PSIS Development tentu disiapkan untuk mengisi skuad PSIS Senior untuk mengarungi kompetisi. Sehingga diharapkan hal ini bisa menjadi prospek jangka panjang.

Nggak menutup kemungkinan para pemain itu juga akan menjadi talenta muda Kota Lunpia ke depannya, bahkan mungkin untuk level yang lebih tinggi, yakni Tim Garuda Indonesia.

Semoga PSIS Development bisa mencetak banyak pemain andal untuk PSIS Semarang ya, Millens! (IB28/E03)