PSBB Diterapkan, KAI Daop 1 Jakarta Kurangi Jam Operasional dan Hanya Berangkatkan 7 Kereta

PSBB Diterapkan, KAI Daop 1 Jakarta Kurangi Jam Operasional dan Hanya Berangkatkan 7 Kereta
Diterapkannya PSBB membuat PT KAI Daop 1 Jakarta kurangi jam operasional. (Antara)

Penerapan PSBB oleh Pemrov Jakarta membuat jam operasional KAI Daop 1 Jakarta dibatasi. Selain itu, hanya 7 kereta api (KA) jarak jauh yang dioperasikan.

Inibaru.id – Terkait dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyesuaikan jam operasional Kereta Api (KA) yang keluar dan masuk wilayah DKI Jakarta.

“Sehubungan dengan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar di DKI Jakarta, operasional KAI Jarak Jauh juga mengalami penyesuaian,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa.

Penyesuaian jam operasional berlaku pada 10-23 April 2020. Rinciannya, waktu operasional keberangkatan dan kedatangan KA di Daop 1 Jakarta hanya dari pukul 06.00-18.00 WIB. Sementara, layanan loket stasiun hanya beroperasi hingga pukul 16.00 WIB.

PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa. (Bisnis/Rio Sandy Pradana)<br>
PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa. (Bisnis/Rio Sandy Pradana)

Penyesuaian jadwal ini juga disebabkan oleh penurunan volume penumpang KA jarak jauh hingga 80 persen di Area Daop 1 Jakarta. Total, terdapat 63 KA yang dikurangi pengoperasiannya selama periode 10-23 April 2020. Rinciannya, 35 KA yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, 25 KA dari Stasiun Pasar Senen, dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Mulai hari ini, hanya 7 KA jarak jauh yang diberangkatkan dari Area Daop 1 Jakarta. Waktu pengoperasiannya juga dikurangi. Lima KA berangkat dari Stasiun Gambir dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, dan Surabaya. Dua KA lainnya berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan akhir Purwokerto dan Surabaya.

Para calon penumpang yang terlanjur membeli tiket dan terdampak perubahan ini bisa melakukan pengembalian tiket lewat aplikasi KAI Access. KAI akan mengembalikan biaya tiket 100 persen.

Tetap Ikuti Aturan

Eva mengimbau, para calon penumpang yang tetap ingin melakukan perjalanan harap mengikuti aturan kewajiban penggunaan masker ketika berada di stasiun dan di dalam KA.

“Kami menyarankan masyarakat yang ingin melakukan proses pembatalan untuk nggak datang ke stasiun. Proses pembatalan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Masyarakat yang ingin melakukan proses pembatalan sampai dengan 4 Juni 2020 akan mendapatkan penggantian biaya 100 persen,” paparnya.

Kereta Api jarak jauh. (ANTARA)<br>
Kereta Api jarak jauh. (ANTARA)

Berikut daftar lengkap 7 KA Jarak Jauh yang masih beroperasi pada 10-23 April 2020:

  1. KA 44 Argo Parahyangan Excellence (Gambir-Bandung) keberangkatan 15.40 WIB; 
  2. KA 7030A Argo Parahyangan (Gambir-Kiaracondong) keberangkatan 07.50 WIB;
  3. KA 24 Argo Cheribon (Gambir-Cirebon) keberangkatan 12.20 WIB;
  4. KA 34 Argo Cheribon (Gambir-Cirebon) keberangkatan 07.30 WIB;
  5. KA 72 Bima (Gambir-Surabaya Gubeng) keberangkatan 16.40 WIB;
  6. KA 256A Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan 14.15 WIB;
  7. KA 322 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto via Kiaracondong) keberangkatan 09.15 WIB.

Kalau pengin bertanya lebih lanjut terkait dengan berubahnya jam operasional KA di DKI Jakarta, kamu bisa menghubungi Contact Center 121 line (021)121, pos-el cs@kai.id, IG @keretaapikita @kai121 atau mengecek langsung di situs kai.id, ya, Millens(MG26/E07)