Protes Kasus Diplomat, Nigeria Tarik Dubes dari Indonesia

Protes Kasus Diplomat, Nigeria Tarik Dubes dari Indonesia
Kasus keributan antara petugas imigrasi dan diplomat Nigeria berujung penarikan Dubes Nigeria dari Indonesia. (Detik)

Kasus keributan antara petugas imigrasi dan seorang laki-laki yang merupakan diplomat Nigeria berujung protes dari Pemerintah Nigeria. Dubes Nigeria untuk Indonesia bahkan sampai ditarik, lo.

Inibaru.id – Keributan salah seorang diplomat dari Nigeria dengan petugas imigrasi dari Indonesia berbuntut panjang. Pemerintah Nigeria bahkan sampai memutuskan menarik duta besar (dubes) untuk Indonesia, lo. Duh, gimana, nih?

Pada Rabu (11/8/2021) waktu Nigeria, Menteri Luar Negeri Nigeria Geoffrey Onyema memastikan kalau duta besar Nigeria untuk Indonesia dipulangkan untuk sementara. Dia juga menyampaikan soal video diplomat Nigeria yang viral.

“Ketika kami melihat video itu di media sosial, kami segera menghubungi Duta Besar kami untuk Indonesia, yang memberi kami penjelasan lebih lanjut tentang apa yang terjadi. Dia juga membenarkan bahwa video itu memang video seorang diplomat Nigeria di kantor. Rupanya, ini terjadi selama pencarian acak oleh imigrasi Indonesia terhadap migran ilegal di negara mereka” terang Onyema.

Menlu Nigeria pun segera meminta dubesnya untuk memberikan laporan lengkap terkait dengan hal ini. Setelahnya, pihaknya mengajukan aduan resmi kepada Kementerian Luar Negeri di Jakarta. Kalau menurut Pemerintah Nigeria, apa yang terjadi kepada diplomatnya sudah melanggar Konvensi Wina.

Serangan terhadap diplomat Nigeria juga membuat pemerintah negara tersebut marah sehingga memutuskan untuk menarik duta besarnya untuk Indonesia.

“Kami memprotes dengan keras mengenai apa yang telah terjadi. Ini benar-benar tidak dapat diterima dalam keadaan apapun,” tegas Onyema.

Video keributan diplomat Nigeria dengan petugas imigrasi yang viral. (aboutindonesia.id)
Video keributan diplomat Nigeria dengan petugas imigrasi yang viral. (aboutindonesia.id)

Di Indonesia, ternyata komunitas orang Nigeria cukup banyak. Hal ini membuat hubungan bilateral antara kedua negara cukup penting. Nah, sebelum terjadi serangan terhadap diplomat Nigeria, sejumlah orang dari negara tersebut juga mengeluhkan sejumlah masalah. Masalah-masalah ini sudah dibicarakan dan diselesaikan dengan baik dengan Pemerintah Indonesia.

Nah, khusus untuk keputusan menarik dubesnya dari Indonesia, Onyema memastikan bahwa hal ini menunjukkan kalau Nigeria melakukan protes keras dan mendesak Pemerintah Indonesia untuk melakukan penyelidikan dan langkah-langkah terbaik untuk menyelesaikannya sekaligus melindungi komunitas Nigeria di sini.

FYI, Millens, pada akhir pekan lalu, video diplomat Nigeria yang mendapatkan perlakukan nggak baik dari petugas imigrasi viral di media sosial. Sang diplomat yang berjenis kelamin laki-laki dipegang sejumlah orang berbahasa Indonesia. Setidaknya tiga orang menahan tangan dan kepala sang diplomat hingga berteriak kesakitan.

Nah, dia juga sempat berteriak “I can’t breathe” layaknya saat tragedi George Floyd di Amerika Serikat beberapa sat lalu. Artinya sih, dia nggak bisa bernapas, gitu, Millens. Namun, bisa berteriak lantang dan terus melawan hingga tiga orang yang memeganginya kewalahan.

Menurut keterangan pihak imigrasi, laki-laki tersebut nggak kooperatif saat diperiksa. Hal ini membuat petugas melakukan tindakan pengamanan.

Pendapat kamu gimana Millens soal ditariknya dubes Nigeria dari Indonesia ini? (Det/IB09/E05)