Prosesi Tawur Agung di Prambanan Tandai Perayaan Hari Nyepi di Yogyakarta

Sehari sebelum Hari Raya Nyepi, umat Hindu melaksanakan upacara Tawur Agung Kesanga di Yogyakarta yang dipusatkan di Candi Prambanan.

Prosesi Tawur Agung di Prambanan Tandai Perayaan Hari Nyepi di Yogyakarta
Prosesi Tawur Agung di Candi Prambanan. (Kumparan)

Inibaru.id – Tahun ini, prosesi Tawur Agung Kesanga jatuh pada hari Rabu, (6/3). Nah, prosesi yang dilaksanakan di kawasan Candi Prambanan Yogyakarta ini, merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941, Millens. Jadi, kalau kamu pas lagi di sekitar Candi Prambanan, kamu beruntung banget ya bisa menyaksikan ritual sakral ini dari dekat. 

Dilansir dari medcom.id, Tawur Agung Kesanga menjadi ritual penyucian alam semesta beserta isinya. Nah, upacara ini dilaksanakan sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Prosesi ini dimulai dari persembahan Mendak Tirtha di Candi Ratu Boko. Setelah itu dilanjutkan dengan pengambilan Tirtha Warih atau air suci dan api abadi yang juga dilakukan di Candi Ratu Boko untuk nantinya dibawa ke TWC Prambanan.

(Baca Juga: Sehari Sebelum Nyepi, Umat Hindu Lakukan Prosesi Tawur Agung Kesanga)

Eits, ritual Tawur Agung Kesanga ini belum selesai, lo. Pemuka agama Hindu bakal memutari Candi Brahma, Wisnu, dan Siwa. Ketiga candi ini disebut Pradaksina. Terakhir, pemuka Agama akan membawa air suci ke altar utama dan mengajak seluruh umat Hindu untuk berdoa bersama. Menarik, banget ya. Kamu kapan menyaksikan upacara ini secara langsung? (IB23/E05)