Program Pengembangan Media Digital, AMSI Rilis 10 Media Daring Terpilih

Program Pengembangan Media Digital, AMSI Rilis 10 Media Daring Terpilih

Memasuki tahun kedua, AMSI kembali merilis 10 media daring terpilih dalam program pengembangan media digital yang akan dilangsungkan selama Juli-Oktober 2022. Siapa saja mereka?

Inibaru.id - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) merilis 10 media daring terpilih untuk mengikuti program pengembangan media digital di Indonesia, belum lama ini. Program pendampingan berupa penguatan kapasitas, manajemen, bisnis, dan pengembangan media itu menjadi program tahun kedua yang digelar AMSI dengan dukungan Internews dan USAID Media.

Kesepuluh media tersebut lolos seleksi berdasarkan keaktifan selama mengikuti pelatihan daring Manajemen, Pengembangan Bisnis, dan Keberlanjutan Media Digital serta wawancara mendalam Organisational Capacity Assessment (OCA) terhadap para pimpinan media yang dilangsungkan pasca-pelatihan.

Wakil Ketua I AMSI cum penanggung jawab program Suwarjono mengungkapkan, selama program berlangsung, ke-10 pimpinan media tersebut nantinya akan mendapatkan pendampingan intensif dari para mentor profesional yang berasal dari para pemimpin media kenamaan di Indonesia.

“Mentor-mentor ini adalah para penggerak di media masing-masing," terangnya, Selasa (19/7/2022). "Mereka akan sharing ilmu dengan harapan media digital terpilih bisa tumbuh menjadi perusahaan independen yang mampu menjawab kebutuhan informasi publik berkualitas.”

Lebih lanjut Suwarjono menambahkan, para pementor tersebut antara lain Upi Asmaradhana (CEO KGI Group), I Nengah Muliarta (Dewan Redaksi Beritabali.com), Agoez Perdana (CEO KabarMedan.com), Maryadi (VP Bisnis dan Digital Katadata.co.id), dan Dwi Eko Lokononto (Pemimpin Umum Beritajatim.com).

Selain itu, ada juga Gaib Maruto Sigit (Pemimpin Redaksi Trijaya FM), Nining Darmaningrum (Direktur Usaha Beritajatim.com), Citra Dyah Prastuti (Pemimpin Redaksi KBR.id), Amrie Hakim (Direktur Pemberitaan dan Konten Hukumonline.com) dan Victor Mambor (Pemimpin Umum Jubi.co.id).

Berlangsung Tiga Bulan

Program pendampingan ini akan berlangsung selama tiga bulan, dimulai sejak pertengahan Juli lalu hingga Oktober 2022. Selain pendampingan, media terpilih juga akan menerima pendanaan pengembangan media sebesar Rp 15 juta untuk menyelesaikan proyek yang diusulkan.

Setelah itu, AMSI akan kembali memilih lima media yang dapat menyelesaikan proyek paling optimal untuk mendapatkan pendampingan tingkat lanjut.

"Pendampingan tingkat lanjut akan melibatkan mentor skala internasional," tegas Suwarjono.

Dia berharap, pendampingan intensif ini dapat mengatasi isu kesenjangan pengetahuan pengelolaan media daring di Jakarta dengan luar Jakarta; sekaligus meningkatkan bisnis media yang sehat, konten yang berkualitas, dan membangun jaringan.

“Semoga ke-10 pimpinan media terpilih dapat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menyerap berbagai ilmu managemen media daring untuk diterapkan di media masing-masing,” tandas Suwarjono.

10 Media Terpilih

Adapun ke-10 media terpilih tersebut antara lain:

  1. Pontianakpost.jawapos.com (Kalimantan Barat);
  2. Radarjogja.jawapos.com (Yogyakarta);
  3. Inibaru.id (Jawa Tengah);
  4. Wongkito.co (Sumatera Selatan);
  5. Beritajatim.com (Jawa Timur);
  6. Timesindonesia.co.id (Jawa Timur);
  7. Jabarnews.com (Jawa Barat);
  8. Batamnews.co.id (Kepulauan Riau);
  9. Terasmaluku.com (Maluku-Maluku Utara); dan
  10. Beritamanado.com (Sulawesi Utara).

Wah, selamat ya! Semoga ilmunya bermanfaat. (IB04/E03)