Program “Jateng Wow” Siap Tarik Wisatawan pada Low Season

Jumlah wisatawan umumnya menurun pada awal tahun, nggak terkecuali Jawa Tengah. Nggak mau terulang kembali, Pemprov Jateng menawarkan program baru yang dijuluki “Jateng Wow” untuk menyikapi periode yang acap disebut low season tersebut.

Program “Jateng Wow” Siap Tarik Wisatawan pada Low Season
Lawang Sewu turut menjadi salah satu destinasi wisata andalan Semarang dan Jawa Tengah. (Jatengprov.go.id)

Inibaru.idMillens, kamu sedang merencanakan wisata? Ada program baru dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang cocok untuk dipilih, nih. Program bernama “Jateng Wonderful World (WOW)” ini menawarkan sejumlah paket wisata yang dapat dipilih untuk menemani agenda liburan kamu.

Resmi diluncurkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Wisma Perdamaian, Semarang, pada Selasa (30/1/2018) malam, program ini melibatkan sejumlah destinasi wisata unggulan Jateng seperti Candi Borobudur, Karimunjawa, Sangiran, dan Semarang City Tour.

Seperti ditulis Kompas.com, Rabu (31/1),  Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa program ini merupakan bagian dari promosi menjelang liburan masyarakat.

“Ini semacam pemanasan wisata. Jadi, kalau pas masa liburan nanti sudah punya gambaran tujuan wisata yang bakal dipilih di Jateng," ujar politikus PDIP tersebut. 

Baca juga:
Tujuh Tumpeng Awali Peluncuran Novel “Anak Negeri”
Selebgram Adriansyah Martin Diduga Memanipulasi Foto di Instagram

Program Jateng Wow bakal melibatkan 148 pihak, terdiri atas 92 hotel dan resor, delapan restoran, 22 biro perjalanan wisata, 23 daya tarik wisata, dan tiga perusahaan jasa transportasi. Diperkirakan, pihak yang ikut terlibat akan terus bertambah.

Harga Spesial

Pemprov Jateng menjanjikan akan ada beragam harga spesial untuk para wisatawan yang mengikuti program ini. Harga khusus itu meliputi tiket masuk destinasi wisata, paket wisata, biaya hotel, dan biaya transportasi seperti KAI, Citilink, dan Garuda Indonesia. Nggak hanya itu, wisatawan juga akan mendapat suvenir khas dari daerah yang dikunjungi. Asyiknya!

Sebanyak 15 agen travel sudah resmi bersiap memasarkan paket-paket wisata yang tersebar ke seluruh wilayah Jateng. Program yang berlaku pada periode low season yang jatuh pada Februari-Maret 2018 ini ditargetkan dapat meraih kenaikan jumlah wisatawan hingga 20 persen.

“Kalau 2017 lalu ada 2 juta wisatawan pada low season, semoga tahun ini naik sampai tiga juta,” ujar Urip Sihabudin, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jateng, seperti ditulis Tribunnews.com, Rabu (31/1).

Baca juga:
Facebook dan Instagram Resmi Larang Iklan Cryptocurrency
Penyandang Disabilitias asal Pekalongan Dapat Tawaran Beasiswa Sekolah Desain

Dia menambahkan, promosi perlu dilakukan karena jumlah kunjungan wisata pada periode awal tahun memang cenderung lebih rendah.

“Kita buat sebegitu menarik, keringanan dibuat pelaku usaha,” katanya, “Ada diskon harga macam-macam. Potongan harga 50 persen dan lainnya. Kita pasarkan dengan paket wisata.”

Gimana, Millens? Siap ikut memilih paket wisata favoritmu? (AYU/GIL)