Profesi yang Menegaskan Kalau Perempuan Nggak Bisa Dianggap Remeh

Profesi yang Menegaskan Kalau Perempuan Nggak Bisa Dianggap Remeh
Jangan anggap remeh perempuan, ya. (Sheknows)

Beberapa profesi yang ada di masyarakat, umunya dipegang oleh laki-laki. Namun "tradisi" itu kini telah bergeser. Emansipasi membuat perempuan setara dengan laki-laki. Salah satunya dalam menjalani profesi-profesi berikut ini.

Inibaru.id - Kini, sudah bukan zamannya menganggap perempuan sebagai makhluk kedua. Beberapa pekerjaan yang dulunya identik dengan kaum lelaki pun sudah banyak dilakukan perempuan. Hal ini membuktikan kalau perempuan juga bisa dan ahli di bidangnya.

Di bawah ini merupakan macam-macam profesi perempuan yang dulunya dikuasai laki-laki.

1. Pembalap                   

Tanpa perlu dijelaskan kamu pasti paham kalau pembalap butuh keberanian dan kemampuan khusus karena memiliki risiko besar. Maka nggak heran jika profesi ini akrab dengan maskulinitas. Namun faktanya, di luar sana banyak pembalap perempuan yang nggak kalah mengagumkan dibanding laki-laki. Mengejutkan bukan?

2. Koki

Profesi ini sebelumnya hanya dijalankan oleh laki-laki karena untuk masak yang banyak nggak hanya memerlukan kemampuan khusus namun tenaga yang juga ekstra. Namun hal tersebut sudah memudar. Kini banyak juga perempuan yang menjadi koki dengan masak dalam jumlah porsi besar juga.

3. Barista

Barista umunya adalah profesi laki-laki karena dalam menyajikan kopi diperlukan unsur maskulinitas. Namun seiring menjamurnya coffee shop anggapan tersebut nggak lagi terpakai dan sebaliknya, banyak juga perempuan yang melakoninya. Bahkan sekarang muncul istilah "barista cantik".

4. Polisi dan Tentara

Adanya polisi dan tentara perempuan memupus anggapan kalau perempuan itu lemah. Dengan sigap, mereka juga bisa mengejar penjahat dan menjaga keamanan masyarakat. Banyak juga di antara mereka yang mendulang prestasi gemilang.

5. Presdir atau CEO

Sekarang sudah bukan lagi hal yang mengherankan posisi CEO yang dipegang perempuan. Sepertinya akses pendidikan yang lebih terbuka bagi perempuan juga melatarbelakangi hal ini. Selain itu, kecakapan dan rasa percaya diri yang tinggi perempuan juga turut andil.

Sebenarnya selain profesi di atas, masih banyak lagi pekerjaan mentereng lain yang juga terbuka dilakukan oleh perempuan. Sebut saja presiden, insinyur, dan lain sebagainya. (IB28/E05)