Pro-Kontra Lapor Polisi Jika Ditagih Parkir di Indomaret, Harus Bagaimana?

Pro-Kontra Lapor Polisi Jika Ditagih Parkir di Indomaret, Harus Bagaimana?
Ilustrasi: Tempat parkir di Indomaret atau Alfamart, sebaiknya ada atau tidak ada? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Di sejumlah tempat, kamu bakal ditagih parkir di Indomaret atau Alfamart. Nah, di Bekasi, ada imbauan untuk lapor polisi jika sampai ditagih parkir di Indomaret. Perlukah kita benar-benar melakukannya?

Inibaru.id – Di media sosial, sedang viral gambar yang menunjukkan pelanggan Indomaret di Bekasi Selatan, Jawa Barat bisa melapor ke polisi jika ada yang menagih parkir. Hal ini pun memicu pro dan kontra para warganet di Indonesia.

Gambar ini muncul di media sosial Twitter sejak Selasa (26/10/2021) dan sudah ribuan kali mendapatkan tanggapan dari warganet.

Guru Besar Hukum dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Profesor Hibnu Nugroho sampai angkat bicara terkait dengan hal ini. Kalau menurut dia, seharusnya yang melapor bukan pelanggan, melainkan pihak Indomaret sendiri. Apalagi jika lahan yang dijadikan ‘bisnis’ parkir itu adalah halaman Indomaret.

“Pertanyaannya, tanah itu kepemilikan Indomaret atau jalan umum. (Kalau di luar trotoar) berarti punya Indomaret. Kalau seperti itu, jadi Indomaret punya hak supaya tidak dilakukan perparkiran. Kecuali itu ada di trotoar, nah itu milik umum,” ujar Hibnu.

Hibnu juga kembali menjelaskan kalau sampai di wilayah Indomaret ada yang menarik parkir tanpa seizin pemilik lahan, dalam hal ini Indomaret, maka yang melaporkannya seharusnya adalah Indomaret sendiri.

“Kan kepemilikan Indomaret, kan yang ngatur dong, Indomaret yang melarang,” tegas Hibnu.

Pihak mini market ingin seluruh gerainya bisa bebas parkir. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Pihak mini market ingin seluruh gerainya bisa bebas parkir. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau menurut Marketing Director dari PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf, kebijakan parkir gratis di Indomaret Bekasi tersebut adalah hasil koordinasi dengan Pemda serta kepolisian. Hal inilah yang membuat pihak Indomaret berani memasang informasi bahwa pelanggan boleh melapor ke polisi jika sampai ada yang menagih parkir.

Banyak warganet yang mendukung hal ini. Mereka mengaku sangat terbantu karena bisa menghemat biaya parkir sehingga bisa menabung. Meski begitu, ada juga yang menganggap keberadaan di mini market bisa memberikan manfaat positif, khususnya dalam hal keamanan kendaraan yang diparkir di sana.

Bagaimana dengan Alfamart?

Rival minimarket Indomaret, Alfamart, malah sudah memastikan seluruh gerainya di Indonesia bebas parkir. Hal ini diungkap langsung oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Meski begitu, Alfamart nggak memungkiri kalau masih ada oknum parkir liar.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin pun memastikan pihaknya terus berusaha agar gerai-gerai Alfamart di seluruh Indonesia bebas parkir. Salah satu triknya adalah dengan menempel stiker informasi berukuran besar bertuliskan ‘Bebas Parkir’ yang bisa dibaca siapa saja sebelum memasuki Alfamart.

Selain itu, pihak Alfamart juga selalu melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, dinas terkait, hingga ormas atau tokoh masyarakat setempat agar mini market yang mereka kelola bisa benar-benar bebas parkir.

“Kami terus mencoba solusi terbaik agar semua toko bisa berlakukan bebas parkir yang tujuannya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen,” tegas Solihin.

Hm, jadi penasaran ya, Millens, kalau di tempatmu, apakah mini market seperti Alfamart atau Indomaret pasti bebas parkir? (Det/IB09/E05)