Iqbaal Ramadhan Perankan Tokoh Minke dalam Film "Bumi Manusia"

Iqbaal Ramadhan terpilih untuk memerankan tokoh Minke dalam film "Bumi Manusia" yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama. Namun, hal itu menimbulkan pro kontra banyak pihak.

Iqbaal Ramadhan Perankan Tokoh Minke  dalam Film "Bumi Manusia"
Iqbaal Ramadhan di konferensi pers "Bumi Manusia" di Studio Alam Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018) malam. (Antaranews/Nanien Yuniar)

Inibaru.id – Usai sukses membintangi tokoh Dilan dalam film Dilan 1990, aktor muda Iqbaal Ramadhan bakal kembali berperan dalam film Bumi Manusia yang diadaptasi novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul sama. Pemilik nama lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan ini bakal memerankan tokoh Minke yang merupakan tokoh utama dalam film tersebut. Namun, pemilihan Iqbaal untuk memerankan Minke disoroti banyak pihak.

Kabar terpilihnya Iqbaal untuk memerankan tokoh Minke disampaikan Falcon Pictures yang bakal memproduksi film Bumi Manusia pada konferensi pers yang digelar di Studio Alam Gamplong, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018) malam. Nggak lupa, kabar itu juga disampaikan dalam unggahan Falcon Pictures di Instagram resminya.

"Press conference pengenalan cast list Bumi Manusia. Iqbaal sebagai Minke dan Mawar Eva sebagai Annelies," tulis akun @falconpictures_ itu.

Unggahan tersebut langsung dibanjiri komentar dari warganet. Beberapa pihak mengaku khawatir kehilangan esensi dan pesan-pesan penting yang disampaikan Pram dalam film itu.

“Apa para sutradara sudah kehabisan ide? Saya paham industri perfilman Indonesia hari ini bertujuan mengambil profit sebanyak-banyaknya. Namun karya Pram bukanlah suatu hal yang murahan dan harus diadaptasi seperti karya-kerja sejenis yang lainnya,” tulis @dnlyeremania sebagai salah satu pihak kontra.

Namun banyak juga warganet yang mendukung Iqbaal untuk memerankan tokoh Minke ini.

Kupikir memang ada baiknya Iqbaal memerankan Minke di film Bumi Manusia. Anak-anak jaman sekarang pasti akan mulai cari tahu tentang Tetralogi Pulau Buru, dengan mulai membaca Bumi Manusia dan karya-karya Pramoedya Ananta Toer yang lain. Biar cerdas mereka semua itu,” tulis @ysrzlyusuf.

Sukses jadi Minke, Baal! Patahkan persepsi orang-orang yang meragukanmu kaya dulu orang-orang meragukanmu jadi Dilan!” tulis @cicooiro.

Sementara itu, Hanung Bramantyo yang ambil bagian menjadi sutradara film mengaku memilih Iqbaal atas dasar penyesuaian dengan apa yang telah diceritakan dalam buku. Dia juga memiliki keyakinan yang cukup kuat untuk memilihnya.

“Minke itu umur 20 tahun, Annelies 17 tahun. Memang anak-anak muda, buku ini pun bicara tentang gejolak anak muda yang mana ini merupakan cerita tetralogi. Minke akan tumbuh seiring sejarah perkembangan Indonesia sampai merdeka," tuturnya dalam konferensi pers film Bumi Manusia seperti ditulis Cnnindonesia.com, Kamis (24/5).

Di sisi lain, bagi Iqbaal, kepercayaan yang diberikan untuk memerankan karakter Minke membuatnya bangga. Dia mengungkapkan, cerita Bumi Manusia pun pernah menjadi bagian dari perjalanannya bersekolah di Amerika untuk pelajaran Bahasa Indonesia. Mengenai pro dan kontra yang didapatkannya, Iqbaal hanya pengin berusaha dan belajar keras memainkan sosok Minke.

"Aku berharap penonton bisa mengapresiasi film ini seperti film aku sebelumnya (Dilan). Aku percaya semua punya kelebihannya masing-masing. Minke ya Minke, Dilan ya Dilan, dan Iqbaal ya Iqbaal. Kalau aku penginnya dikenal sebagai Iqbaal saja. Tapi balik lagi itu hak penonton menilai aku cocok yang mana. Yang jelas aku bakal berusaha dan belajar keras supaya bisa memerankan Minke dengan baik," kata Iqbaal.

Selain Iqbaal, beberapa aktris ternama juga bakal membintangi film Bumi Manusia. Mawar Eva de Jongh akan memerankan Annelies, Sha Ine Febrianti memerankan Nyai Ontosoroh, serta Donny Damara dan Ayu Laksmi bakal memerankan orang tua Minke. (IB07/E04)