Pria Asal Jepang Raih Gelar S2 Ninja, Bisa Lawan Hokage Nggak, Ya?

Pria Asal Jepang Raih Gelar S2 Ninja, Bisa Lawan Hokage Nggak, Ya?
Genichi Mitsuhashi menjadi orang pertama yang mendapat gelar S2 ninja. ( Twitter/OhLadyMania)

Gelar S2 ninja didapat Genichi Mitsuhashi dari Mie University, sebuah kampus yang mengajarkan pendidikan ninja secara formal. Ilmunya bisa buat ngelawan Hokage nggak, ya, kira-kira?

Inibaru.id -  Kalau kamu pikir menjadi ninja nggak ada sekolahnya, kamu salah, Millens. Seorang pria dari Jepang bernama Genichi Mitsuhashi dinobatkan menjadi orang pertama yang dianugerahi gelar S2 Ninja. Kok, bisa ya?

Untuk memperoleh gelar tersebut, Mitsuhashi harus menempuh pendidikan selama dua tahun. Selama waktu itu, dia mempelajari sejarah dan tradisi seorang ninja. Nggak hanya itu, Mitsuhashi juga berkesempatan mendalami ilmu bela diri Ninja yang memiliki gerakan khas yang cepat dan nggak terdeteksi oleh musuh.

Mitsuhashi ternyata memang benar-benar serius mempelajari ilmu ninja. Pada 2018 lalu, dia mendaftarkan diri dalam program Magister Ilmu Ninja di Mie University. Kampus ini berada di Provinsi Iga dan dikenal luas sebagai tempat tinggal para ninja di Negeri Matahari Terbit. Mie University memang mendirikan Ninja Research Center sehingga menjadikannya institusi pendidikan pertama yang mengeluarkan jurusan Ninja.

Nggak hanya duduk di kelas untuk belajar, selama hidup di Iga, Mitsuhashi menerapkan gaya hidup a la ninja seperti menanam sayuran dan mempraktikkan teknik seni bela dirinya.

" Ninja bekerja sebagai petani di pagi hari dan melatih seni bela diri pada sore hari," kata Mitsuhashi.

Ninja akrab dengan image kerahasiaan dan tingkat keterampilan yang tinggi. (VIX)<br>
Ninja akrab dengan image kerahasiaan dan tingkat keterampilan yang tinggi. (VIX)

Sebelum memutuskan untuk mendalami ilmu Ninja, Mitsuhashi ternyata juga belajar ilmu bela diri lainnya seperti Kungfu serta Shorinji Kempo, seni bela diri yang juga berasal dari Jepang. Hanya, menurut Mitsuhashi, ilmu Ninja jauh lebih rumit karena menekankan tingkat keterampilan dan kerahasiaan yang tinggi. Sejak abad ke-14, para Ninja memang dikenal sebagai ahli mata-mata, sabotase, pemubunuhan, serta perang gerilya.

Saat ini, Mitsuhashi menetap di Iga untuk menjalankan bisnis penginapan dan mengajar seni bela diri Ninja. Mengaku nggak puas dengan gelar S2-nya, Mitsuhashi kini menempuh studi doctoral alias S3 ilmu Ninja!

Torehan Mitsunashi ini mengejutkan Yuji Yamada, seorang professor sejarah Jepang yang bertanggung jawab atas universitas tersebut. Dia nggak nyangka kalau Mitsuhashi bakal bertahan sampai sejauh ini.

“Dia benar-benar mengabdikan hidupnya untuk ninja," ungkap Yamada.

Yamada menjelaskan, siapa saja boleh belajar ilmu Ninja di Mei University. Hanya, para siswa harus mengikuti ujian sejarah Jepang sekaligus dokumen sejarah Ninja dengan serius.

 “Sekitar tiga siswa mendaftar setiap tahun, jadi memang ada peminatnya. Kami juga mendapat banyak pertanyaan dari luar negeri tetapi saya harus meluruskan satu hal: Ini adalah kursus untuk belajar tentang ninja, bukan untuk menjadi ninja," jelas Yamada.

Jadi, kalau menurut kamu, apakah Mitsuhashi bisa melawan Hokage dengan ilmu-ilmunya, Millens? (Lin/IB28/E07)