Presiden Jokowi Jadi Tokoh Termasyhur 2017

Sebagai presiden RI, Jokowi selalu menjadi sorotan pelbagai pemberitaan, baik di media massa maupun jejaring sosial. Nggak mengherankan jika dia "menguasai" lima persen segala pemberitaan di Indonesia.

Presiden Jokowi Jadi Tokoh Termasyhur 2017
Presiden Jokowi (Setkab RI)

Inibaru.id – Indonesia Indicator (I2) baru-baru ini mengeluarkan daftar 100 nama yang paling sering muncul di media daring Indonesia sepanjang 2017. Kira-kira siapa ya, Millens, tokoh yang paling banyak dibicarakan masyarakat?

Nah, seperti ditulis dari Kompas.com, Kamis (28/12/2017), Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengatakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi sosok paling banyak dibicarakan di media daring negeri ini.

Dalam 11 bulan terakhir, nama Jokowi disebut dalam 376.883 berita, yang berarti rata-rata ada 1.100 berita per hari. Sebanyak 21 persen di antaranya menunjukkan sentimen negatif, sementara 79 persen berita menunjukkan sentimen netral-positif.

“Jokowi jadi tokoh paling banyak diberitakan media sepanjang 2017. Ini artinya, dari seluruh pemberitaan media di Indonesia, lima persen di antaranya memberitakan Jokowi,” terang Rustika.

Nggak cuma jadi tokoh termasyhur, Jokowi juga dinobatkan sebagai tokoh tervokal sepanjang tahun ini, Millens. Dari semua berita tentang Jokowi, 375.464 omongannya dikutip sebagai berita. Ini berarti Jokowi punya pengaruh besar pada pemberitaan negeri ini.

Dari 100 orang yang pernyataannya paling sering dikutip media, 51 persen di antaranya berasal dari pejabat pemerintah. 18 persen dikutip dari politisi, 13 persen dari pejabat TNI/Polri, 4 persen dari pelaku olahraga, khususnya sepak bola, dan sisa 14 persen lainnya berasal dari tokoh agama, artis, pengamat, dan tokoh-tokoh lainnya. (AW/GIL)