Presiden Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Presiden Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
Jalan Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (muslimobsession)

Pemerintah Uni Emirat Arab memutuskan untuk menamai sebuah jalan di Abu Dhabi dengan nama Jalan Presiden Joko Widodo. Apa alasannya, ya?

Inibaru.id – Jarang-jarang, lo, Millens ada nama orang Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri. Biasanya, hal ini juga dilakukan di negara dengan riwayat sejarah yang erat dengan Indonesia seperti Belanda. Tapi, baru-baru ini pemerintah Uni Emirat Arab justru memutuskan untuk menjadikan nama Presiden Joko Widodo sebagai nama jalan di Abu Dhabi.

Nah, ternyata, pemerintah UAE memutuskan untuk melakukan hal ini sebagai bentuk penghormatan kepada laki-laki asal Solo tersebut. Jokowi dianggap mampu meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan UAE.

President Joko Widodo Street diresmikan pada Senin (19/10/2020) sekitar pukul 16.45 waktu setempat. Peresmian dilakukan oleh Putra Mahkota Uni Emirat Arab yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Eksekutif Abu Dhabi, Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Dalam acara peresmian tersebut, hadir Duta Besar Indonesia untuk UEA serta Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya Kedutaan Besar RI di Abu Dhabi. Hadir pula beberapa pejabat setempat yang berasal dari Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab serta perwakilan dari Kota Abu Dhabi.

Jalan Joko Widodo saat diresmikan. (Monitor)
Jalan Joko Widodo saat diresmikan. (Monitor)

Lokasi jalan Presiden Joko Widodo ini dulunya adalah Jalan Al Ma’arid. Jalan ini berada di antara Jalan Rabdan dan Jalan Tunb Al Kubra.

Husin Bagis Duta Besar RI untuk UEA berharap penamaan jalan ini bisa semakin mempererat sekaligus meningkatkan hubungan antar dua negara. Sementara itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih atas penghormatan yang diberikan oleh UEA melalui akun Instagram pribadinya.

“Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia. Sebuah gambaran betapa eratnya hubungan di antara dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang,” tulis Jokowi.

Sebagaimana Husin, Jokowi juga berharap dengan adanya penamaan jalan ini, semakin erat dan kokoh hubungan kedua negara sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Uni Emirat Arab dan Indonesia.

Kalau menurut kamu, keren nggak nih, Millens, ada nama orang Indonesia yang jadi nama jalan di luar negeri? (Cnn/IB09/E05)