Timnas U-16 Indonesia Targetkan Juara untuk Kado Kemerdekaan

Timnas U-16 Indonesia Targetkan Juara untuk Kado Kemerdekaan
Timnas Indonesia U-16 saat mengalahkan Malaysia di babak semi final. (Vertanews.tv)

Dari lima kali total pertemuan di ajang Piala AFF U-16, Indonesia hanya menang dua kali dari Thailand. Bisakah Timnas U-16 membabat habis Thailand pada final Piala AFF U-16 tahun ini?

Inibaru.id - Setelah mengalahkan Malaysia di babak semifinal pada Kamis (9/8/2018) lalu, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Thailand di babak final Piala AFF U-16. Pertandingan final akan diadakan pada Sabtu (11/8) malam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur.

Jelang pertandingan final, Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini meminta pemain untuk tetap menjaga semangat juangnya di lapangan sebagaimana saat melawan Malaysia. Dia juga meminta anak asuhnya memenangi ajang ini sebagai kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

“Saya harap anak-anak bisa bertempur layaknya pahlawan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan di pertandingan final. Kami tanamkan nilai nasionalisme pada mereka karena mereka mewakili nama negara,” ungkap Fakhri.

Sementara itu, pelatih Timnas U-16 Thailand Thongrai Rungreangleas nggak mau sesumbar menghadapi laga final. Dukungan penuh suporter tuan rumah dianggap sudah cukup untuk membuat timnya kesulitan. Dia juga menganggap penampilan Indonesia sepanjang turnamen ini luar biasa.

“Kami harus bermain cerdas. Indonesia tim yang bagus dan mendapatkan dukungan penuh dari puluhan ribu penonton. Saya akan meminta anak-anak lebih memperhatikan taktik dan mempertahankan filosofi permainan kami,” kata Thongrai.

Untuk mencapai babak final, kedua tim sama-sama unggul tipis dari lawannya. Indonesia menekuk Malaysia dengan gol semata wayang Bagus Kahfi dari titik putih di menit ke-72. Di sisi lain, Thailand memastikan tiket ke final setelah Kittiphong Khetpara memasukkan bola ke gawang Myanmar pada menit ke-60.

Di ajang Piala AFF U-16, Indonesia dan Thailand sudah lima kali bertemu. Thailand memenangi tiga laga dan sisanya dimenangi Indnesia. Untuk itu, Indonesia harus berhati-hati karena Thailand tidak terkalahkan sepanjang turnamen ini dan timnas hanya memiliki jeda istirahat satu hari setelah berlaga di babak semifinal.

“Kalau waktu istirahat tidak masalah. Thailand juga hanya istirahat satu hari,” ucap Fakhri.

Indonesia diprediksi akan memakai formasi menyerang andalannya 4-3-3. Sementara itu, Thailand akan memakai formasi 4-4-2 yang membuat penampilan mereka solid sepanjang turnamen.

Semoga Timnas U-16 bisa memberikan kado gelar juara untuk kemerdekaan Indonesia, ya Millens. (IB09/E04)