Prediksi Ekonomi Indonesia 2021, Semakin Parah atau Ada Titik Cerah?

Prediksi Ekonomi Indonesia 2021, Semakin Parah atau Ada Titik Cerah?
Prediksi ekonomi Indonesia 2021. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Usai dihajar habis-habisan Covid-19 selama 2020, seperti apa ya prediksi ekonomi Indonesia pada 2021? Mungkinkah kita bisa kembali bangkit?

Inibaru.id – Prediksi ekonomi Indonesia 2021 mulai dicari banyak orang. Hal ini disebabkan oleh selama 2020, Indonesia dihantam pandemi Covid-19 yang merusak hampir semua sendi ekonomi. Lantas, apakah akan ada titik cerah pada tahun ini?

Nggak hanya gelombang PHK yang terjadi di mana-mana, banyak pelaku usaha kecil yang juga terdampak Covid-19. Hal ini sampai membuat ekonomi Indonesia masuk dalam jurang resesi selama dua kuartal 2020.

Nggak ingin terus-terusan terpuruk, pemerintah pun menyiapkan anggaran demi memulihkan ekonomi (PEN) senilai Rp 695,2 triliun. Anggaran ini sebagian sudah dibagikan untuk subsidi tagihan listrik, kuota internet, serta gaji bagi masyarakat yang membutuhkan. Tujuannya, demi meningkatkan kembali daya beli yang tentu akan mendongkrak aktivitas industri dan usaha kecil dan menengah.

Pemerintah juga nggak lagi mengandalkan komotidas ekspor batu bara dan minyak sawit mentah. Kini, pemerintah fokus ke konsumsi rumah tangga serta pemerintahan yang memang berkontribusi lebih dari 50 persen pada produk domestik bruto. Hal ini disebabkan karena selama pandemi, konsumsi rumah tangga menurun drastis.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi bangkitnya ekonomi Indonesia pada 2021. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ada banyak faktor yang mempengaruhi bangkitnya ekonomi Indonesia pada 2021. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Vaksin Jadi Harapan

Meski masih jadi kontroversi, realitanya pemerintah sudah menyiapkan vaksin Covid-19 bagi masyarakat. Diharapkan, vaksin ini bisa segera menurunkan angka positif dan kematian akibat virus corona. Logikanya, jika masyarakat semakin sehat, daya beli masyarakat meningkat dan akhirnya berimbas pada kembali naiknya ekonomi.

Asian Development Bank (ADB) memprediksi perekonomian Indonesia bisa tumbuh 5,3 persen tahun ini. Selain keberadaan vaksin, peningkatan belanja rumah tangga, peningkatan investasi, dan membaiknya perekonomian global jadi faktor yang mendukung hal ini.

Salah satu sektor yang dianggap bisa mendukung bangkitnya kembali ekonomi Indonesia adalah pertanian. Beda dengan sektor-sektor lain, pertanian justru tetap mengalami pertumbuhan positif. Di kuartal III lalu saja, peningkatannya mencapai 2,15 persen. Penyerapan lapangan kerja di sektor ini juga sangat baik.

Prediksi ekonomi Indonesia 2021 terlihat positif ya, Millens. Tapi, pastikan dulu bahwa kita ikut ambil bagian dalam menangani Covid-19. Jaga protokol kesehatan demi menurunkan penularan. Semoga saja semua segera membaik, ya? (Rep/IB09/E05)