Prancis vs Kroasia, Siapa yang Bakal Jadi Juara Piala Dunia 2018?

Prancis vs Kroasia, Siapa yang Bakal Jadi Juara Piala Dunia 2018?
Duel Luka Modric melawan Kylian Mbappe akan tersaji di final Piala Dunia 2018. (Vox.com)

Kroasia akan berusaha merebut gelar juara dunia pertamanya. Sementara itu, Prancis ingin menebus kekalahan di final Piala Eropa 2016 dengan gelar juara Piala Dunia 2018.

Inibaru.id – Untuk kali pertama dalam sejarah, Kroasia akan berlaga di final Piala Dunia 2018. Negara pecahan Yugoslavia ini mengalahkan Inggris 2-1 setelah melalui babak perpanjangan waktu. Gol Mario Mandzukic menjadi penentu kemenangan Kroasia pada menit ke-109 setelah memanfaatkan kelengahan bek Inggris, John Stones dan Kyle Walker.

Dengan kemenangan itu, Kroasia melangkahkan kaki ke final Piala Dunia 2018 melawan Prancis. Pertandingan pamungkas itu bakal digelar pada Minggu (15/7/2018) di Stadion Luzhniki, Rusia.

Si.com, Kamis (12/7/2018), menulis, pertemuan antara Prancis dan Kroasia yang paling diingat adalah saat semifinal Piala Dunia 1998. Saat itu, Prancis memenangi pertandingan 2-1 sebelum mengalahkan Brasil di babak final dan mendapatkan gelar Piala Dunia pertamanya. Meskipun kalah, permainan atraktif Kroasia saat itu dipuji banyak pihak.

Total, Prancis dan Kroasia sudah bertemu 5 kali. Prancis unggul head to head dengan 3 kemenangan dan 2 imbang. Hanya saja, dalam pertandingan terakhir yang dilangsungkan di Stade de France pada 29 Maret 2011 lalu, Prancis dan Kroasia hanya mampu bermain imbang 0-0.

Pertarungan antara Prancis dan Kroasia di babak final diperkirakan akan berlangsung sengit, khususnya di lini tengah. Kedua tim memiliki gelandang yang luar biasa. Duet Paul Pogba dan N’Golo Kante dari Prancis yang bertenaga akan melawan permainan elegan khas Ivan Rakitic dan Luka Modric.

Di lini depan, Prancis akan mengandalkan kreativitas Antoine Griezmann dan kecepatan Kylian Mbappe. Sementara itu, meskipun tidak banyak mencetak gol, lini depan Kroasia yang diperkuat Mario Mandzukic dan Ivan Perisic tentu tidak bisa dianggap remeh.

Kendati memiliki kiper yang hebat, Muhammad Butt dari Squawka menyebut kedua tim memiliki lini belakang yang tidak benar-benar baik. Diperkuat duet bek Barcelona dan Real Madrid dalam diri Samuel Umtiti dan Raphael Varane, salah satu dari kedua bek tengah Prancis ini terkadang melakukan kesalahan konyol yang bisa saja menjadi santapan empuk penyerang Kroasia. Di sisi lain, lini belakang Kroasia dikenal tidak begitu cepat sehingga bisa saja mendapatkan masalah saat harus menghadapi kecepatan Kylian Mbappe yang sudah terbukti mampu memporak-porandakan pertahanan Argentina dan Uruguay.

Kedua pelatih mampu meredam agresivitas permainan lawan-lawannya di babak semifinal dengan adaptasi taktik yang cukup menarik, khususnya setelah pergantian babak. Pertandingan final Piala Dunia 2018 pun dipastikan akan disuguhi pertarungan strategi tingkat tinggi dari keduanya.

Hm, patut ditonton nih, Millens. (IB09/E04)