Kalahkan Belgia, Prancis Melenggang ke Final Piala Dunia 2018

Kalahkan Belgia, Prancis Melenggang ke Final Piala Dunia 2018
Samuel Umtiti setelah mencetak gol yang meloloskan Prancis ke Piala Dunia 2018. (Twitter.com/ChampionsLeague)

Prancis memastikan diri lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Belgia pada pertandingan semifinal. Gol semata wayang Umtiti menjadi penyelamat Prancis.

Inibaru.id – Prancis memastikan diri lolos ke babak final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Belgia. Dalam pertandingan semifinal melawan Belgia yang dilangsungkan di Saint Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) dini hari, Prancis menang 1-0 berkat gol bek tengah Samuel Umtiti yang menyundul bola menyambut sepak pojok Antoine Griezmann.

Detik.com, Rabu (11/7), menulis, pertandingan antara kedua negara bertetangga ini berlangsung seru. Di babak pertama, Belgia yang menguasai pertandingan menciptakan banyak peluang. Sayang, kegemilangan Hugo Lloris di bawah mistar gawang Prancis mampu mencegah timnya kebobolan. Di babak kedua, Prancis mulai mampu mengimbangi permainan Belgia dengan serangan balik cepat dan efektif. Hal ini membuat pengusaan bola Belgia yang mencapai 60 persen seperti tidak berguna.

Meskipun lebih banyak bertahan, Prancis lebih banyak membuat peluang, tepatnya sampai 19 kali. Sementara itu, Belgia hanya menciptakan 9 peluang sepanjang pertandingan.

Kegemilangan Prancis yang mampu mencapai dua final turnamen besar berturut-turut ternyata disambut datar pelatihnya, Didier Deschamps. Kendati senang anak asuhnya mencapai final, Deschamps menganggap Prancis belum mendapatkan prestasi apapun. Dia mengingatkan kasus anak asuhnya yang kalah dramatis di final Piala Eropa 2016 saat melawan Portugal.

“Laga terpenting bukanlah sekarang, melainkan hari Minggu nanti. Meskipun mencapai final Piala Dunia adalah hal yang hebat, kekalahan dua tahun lalu masih menyakitkan bagi kami. Kami harus memastikan tahun ini kami mampu memenangkannya,” ucap Deschamps.

Hal yang sama juga diungkapkan kapten tim Prancis Hugo Lloris.

“Kejadian dua tahun lalu masih tidak bisa diterima dan kami tidak ingin hal itu terjadi lagi. Masih ada satu pertandingan lagi dan kemenangan di babak semifinal ini adalah langkah yang sangat penting,” ucap kiper yang bermain untuk Totenham Hotspurs ini.

Kini, Prancis tinggal menunggu pemenang antara Kroasia dan Inggris yang bakal berlaga pada Kamis (12/7) dini hari WIB. Salah satu dari keduanya bakal menghadapi Prancis pada laga pamungkas nanti. Kalau menurut Millens, tim mana yang lebih pantas untuk masuk ke babak final melawan Prancis? (IB09/E04)