Prancis Angkat Piala untuk Kali Kedua

Prancis resmi jadi juara Piala Dunia 2018 usai taklukan Kroasia dengan skor 4-2 pada pertandingan final yang digelar di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Prancis Angkat Piala untuk Kali Kedua
Prancis Juara Piala Dunia 2018. (Getty Image/Shaun Botterill)

Inibaru.id – Laga final Piala Dunia 2018 selesai. Prancis keluar sebagai juara di Piala Dunia 2018 usai menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2 pada pertandingan final yang digelar di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Keunggulan Prancis berawal saat tendangan bebas Griezmann dari luar kotak penalti mengenai kepala pemain Kroasia Mandzukic. Sundulan itu menciptakan gol bunuh diri pada menit ke-18. Prancis unggul sementara.

Sepuluh menit berselang, Kroasia langsung menyamakan kedudukan. Lewat sepakan keras Ivan Perisic, Kroasia menahan Prancs dengan skor 1-1.

Namun, peluang kembali mengarah ke Prancis. Pemain dari Negeri Mode itu mendapatkan penalti setelah pemain Kroasia Ivan Perisic melakukan handsball pada kotak penalti. Pada menit ke-38, Griezman yang menjadi algojo pun sukses melaksanakan tugasnya dengan melesatkan bola ke pojok gawang Danijel Subasic. Prancis kembali unggul dengan skor 2-1 hingga babak pertama berakhir.  

Pada babak kedua, Paul Pogba berhasil mengeksekusi umpan dari Griezmann dan mencetak gol dengan tendangan kerasnya pada menit ke-59. Tak berselang lama. Di menit ke-65, Prancis semakin memperlebar keunggulan atas gol yang tercipta dari pemain berumur 19 tahun, Kylian Mbappe.  

Prancis pun semakin mendominasi pada babak kedua. Namun, pada menit ke-69 Kroasia berhasil mencetak gol kedua dari Mandzukic. Gol tersebut berawal dari sebuah backpass, kiper Prancis Hugo Lloris mencoba untuk menggocek Mandzukic yang memberikan tekanan pada dirinya. Sayang, keputusan Lloris salah. Mandzukic lantas memanfaatkan blunder Lloris sehingga terciptalah gol untuk memperkecil ketertinggalan Kroasia.

Prancis semakin bermain apik dengan lini pertahanan yang sempurna. Skor 4-2 atas keunggulan Prancis tak berubah hingga babak 2 berakhir. Prancis pun keluar sebagai juara Piala Dunia untuk kali kedua setelah menjadi juara pada 1998 silam.

Wah, Selamat ya Prancis! Ditunggu syukurannya ya. Eh! (IB11/E04)