Prabowo-Sandiaga Susul Jokowi-Ma’ruf Daftarkan Diri ke KPU

Menggandeng Sandiaga Uno, Prabowo Subianto resmi mendaftarkan dirinya sebagai bakal capres dan cawapres ke KPU pada Jumat (10/8) pukul 13.35 WIB. Pasangan ini menjadi pasangan kedua yang mendaftar sebagai capres dan cawapres.

Prabowo-Sandiaga Susul Jokowi-Ma’ruf Daftarkan Diri ke KPU
Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno. (Antara Foto/Sigid Kurniawan)

Inibaru.id – Selesai salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa, pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berangkat ke Gedung KPU, Menteng Jakarta Pusat. Mereka menyusul Jokowi-Ma’ruf Amin untuk mendaftarkan diri menjadi bakal calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

Prabowo dan Sandiaga Uno memasuki Gedung KPU pada pukul 13.35 WIB. Selama kurang lebih satu jam, kedua pasangan itu melakukan proses penyerahan berkas-berkas persyaratan menjadi capres cawapres kepada KPU.

Para petinggi partai politik (parpol) pengusung Prabowo-Sandiaga yakni Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat serta Partai Berkarya sebagai partai pendukung juga turut hadir di Gedung KPU. Mereka menemani Prabowo dan Sandi untuk menyerahkan berkas-berkas persyaratan sebagai capres dan cawapres.

Partai Demokrat yang tadinya kecewa atas keputusan Prabowo yang memilih Sandiaga Uno sebagai wakil akhirnya memutuskan untuk merapat ke koalisi keumatan di detik-detik terakhir. Terbukti dengan datangnya dua putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) ke gedung KPU untuk menyaksikan pendaftaran Prabowo-Sandiaga.

Nggak hanya para tokoh partai koalisi, ribuan relawan pendukung Prabowo-Sandiaga juga turut serta meramaikan suasana pendaftaran jagoannya. Sementara itu, pasukan gabungan TNI dan Polri masih tetap berjaga untuk mengamankan lokasi pendaftaran.

Dalam konferensi pers usai berkasnya diterima KPU, Prabowo mengatakan bila KPU mengemban tugas berat pada pesta demokrasi kali ini.

“Janganlah sekali-sekali kita menghina hak rakyat, jangan sekali sekali kita mencurangi hak rakyat. Biarlah rakyat yang berdaulat yang menentukan nasibnya sendiri,” ucapnya.

Hingga kini, sudah ada dua pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU yakni Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Ma'ruf. Pasangan Jokow dan Ma'ruf Amin sudah mendaftarkan diri terlebih dahulu pada Jumat (10/8) pagi.

Dengan demikian, KPU memutuskan untuk tidak memperpanjang masa pendaftaran sehingga pendaftaran bakal calon presiden dan calon wakil presiden periode 2019-2024 akan ditutup tengah malam nanti.

Semoga pesta demokrasi di Indonesia kali ini berlansung aman dan lancar ya. Oh iya, kamu harus mulai menentukan pilihan untuk Pilpres 2019 nanti nih, Millens. (IB13/E04)