PPKM Terus Berlanjut, Jatim Park Terancam Bangkrut

PPKM Terus Berlanjut, Jatim Park Terancam Bangkrut
Jatim Park terancam bangkrut karena PPKM terus berlanjut sehingga wisata terus ditutup. (Jarwadi.me)

Sejak PPKM diperlakukan, wisata di Kota Batu, khususnya Jatim Park harus ditutup. Pemasukan pun kosong sehingga membuat Jatim Park terancam bangkrut.

Inibaru.id – Salah satu wilayah di Indonesia yang menerapkan perpanjangan PPKM Level 4 adalah Kota Batu, Malang. Masalahnya, kota ini adalah kota wisata. Adanya penerapan PPKM level 4 pun membuat sejumlah tempat wisata terpaksa tutup. Nah, jika PPKM ini terus berlanjut, bisa jadi salah satu tempat wisata andalan kota ini, yakni Jatim Park bakalan bangkrut.

Kamu tahu nggak kalau Jatim Park Group itu mengelola setidaknya 15 destinasi wisata di Kota Batu? Sejak awal Juli, seluruh destinasi wisata ini tutup sehingga nggak ada pemasukan sama sekali. Masalahnya, biaya perawatan wahana di tempat-tempat wisata ini harus tetap dibayarkan.

Salah satu biaya perawatan yang cukup besar adalah kebun binatang yang tersebar di Batu Secret Zoo, predator Fun Park, serta Eco Green Park. Maklum, di dalamnya ada banyak flora dan fauna, termasuk yang dilindungi. Untuk memberi makanan para satwa ini saja, per bulannya Jatim Park harus merogoh kocek sekitar Rp 500 juta.

Biaya itu belum termasuk perawatan sejumlah wahana yang harus dilakukan secara rutin agar nggak rusak atau membahayakan. Biaya perawatan sekitar 15 wahana ini, termasuk biaya listrik dan air mencapai miliaran Rupiah per bulannya.

Selain itu, ada 1.700 karyawan yang tetap harus mendapatkan penghasilan agar bisa bertahan hidup di masa pandemi yang sulit ini. Pihak Jatim Park Group memutuskan untuk nggak melakukan PHK karyawan meski mereka harus melakukan pemotongan upah sampai 50 persen. Itupun hari kerja karyawan dikurangi jadi 15 hari per bulan dan 5 jam kerja saja per hari.

Biaya perawatan wahana Jatim Park mencapai miliaran Rupiah. (Wikipedia/Rochelimit)
Biaya perawatan wahana Jatim Park mencapai miliaran Rupiah. (Wikipedia/Rochelimit)

“Jika situasi penularan Covid-19 di Kota Batu nggak kunjung reda, lalu PPKM juga terus jalan hingga akhir tahun, kemungkinan paling buruk yang harus kami alami ya, bangkrut. Terpaksa, harus kami tutup,” keluh Humas JTP Group Titik Ariyanto, Kamis (5/8/2021).

Titik pun berharap Pemkot Batu mau memberikan keringanan seperti penghapusan denda atau dilonggarkannya pembayaran pajak. Selama ini, mereka masih diminta membayar pajak secara penuh.

FYI, sejumlah tempat wisata di Malang Raya yang dikelola oleh Jatim Park Group adalah Jatim Park 1, 2, dan 3, Museum Angkut, Predator Fun Park, Museum Tubuh, Eco Green Park, dan Batu Night Spectacular. Nah, setidaknya, sejak 3 Juli 2020, Jatim Park sudah tutup untuk memenuhi PPKM Darurat dan PPKM Level 4 yang terus diperpanjang oleh pemerintah.

Nggak hanya tempat wisata buatan, tempat wisata alam seperti Coban Rondo di Malang juga ditutup semenjak masa PPKM. Otomatis, tempat-tempat wisata ini sama sekali nggak mendapatkan pemasukan.

Semoga saja pandemi bisa segera diselesaikan dan PPKM dicabut sehingga kehidupan kembali normal, Millens. Jadi, kita masih bisa menikmati tempat-tempat wisata seperti Jatim Park, ya? (Tug/IB09/E05)