PPKM Darurat Diperpanjang Hingga Akhir Juli, Begini Respons Pengusaha

PPKM Darurat Diperpanjang Hingga Akhir Juli, Begini Respons Pengusaha
PPKM Darurat bakal diperpanjang hingga akhir Juli 2021. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pengusaha memberikan respons terkait rencana pemerintah memperpanjang PPKM Darurat hingga akhir Juli 2021. Apakah mereka masih bisa memperpanjang napas usahanya?

Inibaru.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memastikan bahwa PPKM Darurat bakal diperpanjang hingga akhir Juli 2021. Keputusan ini disebabkan oleh masih tingginya angka penularan Covid-19 di Indonesia.

Selain masyarakat kecil, para pengusaha juga terdampak kebijakan PPKM Darurat ini. Banyak dari mereka yang mengaku mengalami masalah dengan bisnisnya. Hal ini diungkap oleh Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang.

“Pastinya akan pusing memikirkan agar mampu untuk bertahan,” ujar Sarman, Jumat (16/7/2021).

Meski begitu, Sarman mengaku masih menunggu kapan tanggal pasti PPKM Darurat bakal diakhiri pemerintah. Namun, dia berharap pengusaha masih kuat mempertahankan karyawannya dan nggak melakukan PHK akibat hal ini.

“Kalau misalnya hanya sampai akhir bulan berarti diperpanjang hanya 10 hari dari tanggal 20 Juli. Tentu kalau sampai akhir bulan mungkin pengusaha akan mulai hitung ulang daya tahan dari sisi arus kasnya,” terang Sarman.

Nggak hanya itu, Sarman bahkan sampai meminta pemerintah memberikan kebijakan stimulus bagi para pengusaha, khususnya yang bekerja di sektor non-esensial serta kritikal. Pasalnya, perpanjangan masa PPKM Darurat ini membuat mereka sama sekali nggak mendapatkan pemasukan.

Mobilisasi masyarakat yang menurun drastis selama PPKM Darurat membuat banyak usaha merugi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Mobilisasi masyarakat yang menurun drastis selama PPKM Darurat membuat banyak usaha merugi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski merugikan pengusaha, Sarman sebenarnya juga bisa memahami keputusan pemerintah untuk memperpanjang masa PPKM Darurat. Hal ini memang harus diambil karena angka positif Covid-19 terus memecahkan rekor hingga lebih dari 50 ribu kasus. Pengusaha pun mau nggak mau harus menuruti keputusan ini.

Bakal Diputuskan 19 Juli 2021

Meski sudah dipastikan bakal diperpanjang, keputusan tentang detail PPKM Darurat baru bakal ditentukan pada Senin, 19 Juli 2021 nanti. Hal ini diungkap oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

“Menjelang 20 Juli 2021 kita evaluasi betul, kira-kira perpanjangna berapa lama. Nanti diputuskan bersama hari Senin,” jelas Muhadjir.

Nah, pemerintah ternyata juga sudah memikirkan hal-hal lain seperti dampak dari perpanjangan durasi PPKM Darurat ini. Sebagai contoh, mereka sudah mempertimbangkan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak.

“Perpanjangan ini memang banak risiko. Termasuk bagaimana supaya seimbang. Bersama-sama antara tadi itu meningkatkan disiplin warga untuk mematuhi protokol kesehatan dan standar PPKM dan bantuan sosial” lanjut Muhadjir.

Soal bantuan sosial, Muhadjir mengaku pemerintah nggak bisa melakukannya sendirian. Dia pun meminta masyarakat untuk bergotong-royong membantu orang-orang yang terdampak PPKM Darurat, setidaknya hingga akhir Juli ini.

Pasti memang bakal berat ya, Millens, kalau PPKM diperpanjang hingga akhir Juli. Apalagi ada isu durasinya malah bisa sampai 6 minggu ke depan. Tapi, mengingat kondisi penularan Covid-19 ini masih tinggi, kita pun mau nggak mau harus mematuhinya. (Det/IB09/E05)