Powerbank Dilarang Masuk Kabin Pesawat, Apa Alasannya, Ya?

Powerbank Dilarang Masuk Kabin Pesawat, Apa Alasannya, Ya?
Ada beberapa barang yang nggak boleh dibawa di kabin pesawat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Pramugari dengan akun TikTok @FAangginirmala membeberkan alasan kenapa beberapa barang seperti powerbank nggak boleh dibawa masuk kabin pesawat. Apa ya alasannya?

Inibaru.id - Kamu tahu nggak ada beberapa barang yang nggak boleh dibawa kalau naik pesawat terbang? Karena alasan inilah petugas biasanya memeriksa barang-barang apa saja yang kita bawa sebelum memasukinya. Nah, salah satu barang tersebut adalah powerbank.

Bagi para traveler, powerbank sangatlah penting karena bisa menjadi sumber energi cadangan jika ponsel atau gawai lainnya kehabisan daya. Kalau dilarang masuk pesawat, tentu bikin bingung banyak orang, kan?

Nah,  seorang pramugari dari maskapai Lion Air mengunggah video di akun Tiktok miliknya @FAangginirmala untuk menjelaskan alasan mengapa sejumlah barang nggak boleh masuk kabin pesawat. Yuk, simak alasan-alasannya!

Powerbank

Meski terlihat sebagai barang yang sangat aman seperti ponsel, ada potensi ledakan atau kebakaran dari powerbank, lo. Hal inilah yang membuat barang ini nggak boleh masuk kabin pesawat.

"Setiap bandara sudah ada aturan dan larangan tentang ketentuan power bank yang bisa masuk ke kabin pesawat. Jadi yang boleh itu power bank yang berkapasitas maksimal 20 ribu mAh. Lalu, ada juga yang 20 ribu-32 ribu mAh, namun harus mendapatkan persetujuan dari maskapai," kata Anggi.

Powerbank nggak boleh masuk ke dalam kabin pesawat saat terbang. (Flickr/

nijanthan_v)
Powerbank nggak boleh masuk ke dalam kabin pesawat saat terbang. (Flickr/ nijanthan_v)

Anggi melanjutkan kalau power bank dengan kapasitas lebih dari 32 ribu mAh dan power bank yang kapasitasnya nggak dapat diidentifikasi nggak bakal diizinkan masuk ke daam kabin pesawat.

"Jadi sebelum datang ke bandara, cek dulu kapasitas power bank-mu ya," imbuhnya.

Tanaman hias

Sebenarnya, siapa juga sih yang iseng membawa tanaman hias di dalam kabin pesawat? Hanya, kalau kamu terpikir untuk membawanya, nggak akan diperbolehkan, Millens. Hal ini disebabkan oleh adanya potensi tanaman berakar membawa bakteri atau virus.

" Jadi harus dilakukan proses karantina dulu untuk memastikan tanaman hias itu aman," kata Anggi.

Rokok

Rokok boleh-boleh saja kok dibawa. Tapi ya jangan dibakar di dalam kabin. Kata Anggi sih alasannya nggak jauh-jauh dari masalah keamanan.

“Pesawat itu kan membawa ribuan liter bahan bakar. Belum lagi orang yang suka merokok itu biasanya buang puntung sembarangan, ngerusakin properti pesawat, bikin kotor pesawat, dan asapnya bisa mengganggu penumpang lain," jelas Anggi.

Pramugari beberkan alasan sejumlah barang dilarang dibawa ke kabin pesawat (TikTok/@FAangginirmala)
Pramugari beberkan alasan sejumlah barang dilarang dibawa ke kabin pesawat (TikTok/@FAangginirmala)

Senjata Tajam

Kalau ini sudah jelas nggak boleh ya. Kalau nggak sengaja bawa pun, benda tajam kamu pasti sudah terkena sensor saat pemeriksaan. Tujuannya dilarang ya biar nggak sampai ada hal-hal nggak diinginkan selama penerbangan.

"Apalagi kalau membawa laser yang memiliki radiasi elektromagnetik. Kalau mau bawa sebaiknya dipaketin saja," tandasnya.

Jadi, sudah tahu kan alasan mengapa powerbank dan barang-barang lain nggak boleh masuk kabin pesawat saat terbang, Millens?  (Oke/IB28/E07)