Potensi Kekeringan Terpantau di Sejumlah Wilayah di Banjarnegara

Sejumlah wilayah di Banjarnegara berpotensi mengalami kekeringan. Ini karena intensitas curah hujan yang menurun di daerah tersebut.

Potensi Kekeringan Terpantau di Sejumlah Wilayah di Banjarnegara
Ilustrasi Kekeringan. (Blog.act.id)

Inibaru.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Banjarnegara menyampaikan beberapa kecamatan di Kabupaten Banjarnegara berpotensi mengalami kekeringan. Hal ini diakibatkan menurunnya intensitas curah hujan di daerah tersebut.

"Pada Juli dasarian III yang lalu, sebagian daerah di Banjarnegara tidak mengalami hujan cukup lama, yaitu selama 31-60 hari,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie seperti ditulis Antaranews.com, Jumat (10/8/2018).

Setyoajie melanjutkan, pada Juli dasarian II sebagian wilayah di Banjarnegara bahkan nggak mengalami hujan selama 11-31 hari. Hanya sebagian kecil wilayah di Banjarnegara yang tidak mengalami hujan selama 1-5 hari.

Potensi kekeringan ini akan dirasakan kecamatan dengan tingkat curah hujan yang sangat kecil seperti Kecamatan Banjarnegara dan Sigaluh.

Selain itu, Kecamatan Karangkobar, Banjarmangu, Wanadadi, Madukara, sebagian besar Kecamatan Banjarnegara, Wanayasa, Mandiraja, Bawang, dan lain sebagainya memiliki tingkat kekeringan agak kering.

Sementara itu, untuk Kecamatan Rakit, Purworejo Klampok, dan lain sebagainya memiliki tingkat kekeringan yang normal.

Setyoajie menuturkan pihaknya akan terus memperbarui informasi dan data terkait dengan potensi kekeringan yang diprediksi akan terjadi di Banjarnegara.

Guna mengantisipasi dampak kekeringan, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman mengingatkan masyarakat setempat untuk menggunakan air secara bijaksana dan efisien. Selain itu, BPBD juga menggelar sosialisasi terkait dengan penanganan kekeringan kepada masyarakat dan desa-desa yang berpotensi terkena dampak musim kemarau.

Wah, harus lebih irit air nih, Millens. Jangan boros air, ya! (MG11/E04)