Ponsel Sudah Seperti Ini? Sebaiknya Ganti dengan yang Baru

Ponsel Sudah Seperti Ini? Sebaiknya Ganti dengan yang Baru
Beberapa tanda kamu sudah harus ganti ponsel baru. (alphr)

Banyaknya kenangan di dalam ponsel pintar atau smartphone membuat banyak orang malas menggantinya dengan yang baru. Padahal, jika ponsel sudah mengeluarkan tanda-tanda ini, sebaiknya kamu segera menggantinya.

Inibaru.id - Banyak orang yang nggak sadar jika smartphone atau ponsel pintar memiliki usia dan mengalami penurunan performa seiring dengan waktu. Meski kamu punya banyak kenangan di ponsel tersebut, penurunan performa ini tentu bisa sangat mengganggu.

Berikut adalah tanda bahwa kamu sebaiknya mengganti ponselmu dengan yang baru.

Sudah Nggak Bisa Memperbarui Sistem Operasi

Sistem di dalam ponsel pintar (Kompas/Oik Yusuf)
Sistem di dalam ponsel pintar (Kompas/Oik Yusuf)

Ponsel Android atau iOS akan terus memperbarui sistem operasinya. Hal ini ditujukan agar ponsel bisa terus mendukung fungsi-fungsi terkini. Akan tetapi, ada saatnya spesifikasi smartphone sudah nggak lagi mendukung sehingga sistem operasinya nggak bisa diperbarui. Jika sudah begini, sudah waktunya untuk mengganti ponselmu dengan yang baru.

Baterai yang Cepat Habis

Sebagian besar ponsel pintar jenis terbaru memakai baterai berjenis built-in. Meski membuat ponsel terlihat lebih ringkas, hal ini ternyata juga bisa memberikan kerugian tersendiri.

Baterai built-in semakin lama akan semakin mengalami penurunan performa. Jika baterai mudah nge-drop, kamu pun kesulitan untuk mengganti baterai dengan yang baru. Sebaiknya kamu mengganti ponsel dengan yang baru saja. Hanya, pastikan bahwa ponsel baru memiliki performa baterai lebih prima, ya?

Daya baterai yang cepat habis jadi tanda kamu harus ganti ponsel baru. (connectorsupplier.com)
Daya baterai yang cepat habis jadi tanda kamu harus ganti ponsel baru. (connectorsupplier.com)

Layar yang Rusak

Dalam beberapa kondisi, sebenarnya layar yang retak atau rusak nggak berpengaruh secara langsung pada performa smartphone. Meski begitu, layar yang rusak bisa membahayakan jari atau penglihatanmu.

Kerusakan layar ponsel (leskompi)
Kerusakan layar ponsel (leskompi)

Mengganti layar juga bisa menghabiskan biaya yang cukup mahal. Kamu pun sebaiknya mengganti ponsel dengan yang baru.

Ponsel Sering Nge’lag’ dan Lelet

Performa ponsel yang sudah sangat lelet tentu sangat mengganggu. Apalagi jika ponsel ini dipakai untuk kebutuhan bisnis. Hal itu menandakan bahwa ponselmu sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru.

Ponsel sering macet dan lelet (gadgetren)
Ponsel sering macet dan lelet (gadgetren)

Tanda ini sangat terasa apabila menjalankan aplikasi. Nggak hanya lelet, bisa jadi ponsel mengalami lag atau crash yang membuatnya sama sekali tidak bisa digunakan.

Penyimpanan Data Penuh

Smartphone dilengkapi beberapa pilihan kapasitas memori penyimpanan internal. Semakin canggih ponsel, biasanya semakin besar kapasitas penyimpanan yang disediakan. Sayangnya, data seperti foto, video, aplikasi, dan lain-lain juga akan memakan banyak sekali ruang penyimpanan. Lama-kelamaan ruang ini akan habis.

Penyimpanan ponsel akan habis (lifeloe)
Penyimpanan ponsel akan habis (lifeloe)

Jika penyimpanan sudah terlalu penuh, ponsel pun akan kesulitan melakukan pembaruan sistem operasi atau aplikasi. Hal ini tentu membuatnya nggak lagi berfungsi dengan maksimal. Jika hal ini terjadi, sebaiknya ganti ponsel dengan yang memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Coba cek ponsel yang kamu miliki sekarang. Apakah sudah ada tanda-tanda perlu diganti yang baru, nih Millens? (Kum/MG29/E07)